2 Pemudik Reaktif COVID-19 Usai Rapid Test Antigen di Cimahi

Whisnu Pradana - detikNews
Senin, 17 Mei 2021 17:00 WIB
Poster
Ilustrasi (Foto: Edi Wahyono)
Cimahi -

Dua pemudik dari luar daerah menuju wilayah Bandung Raya reaktif COVID-19 setelah menjalani rapid test antigen di Rest Area Tol Cipularang KM 125, Cibeber, Kota Cimahi.

Dua pemudik yang salah satunya diketahui berasal dari Cirebon itu rencananya akan masuk ke Kota Bandung namun tidak membawa surat bebas COVID-19 sehingga terpaksa menjalani rapid test antigen dan hasilnya reaktif.

"Yang rapid test antigen ada dua reaktif sehingga dikembalikan dengan dikawal sampai menuju tol arah mereka berangkat," ungkap Plt Wali Kota Cimahi Ngatiyana kepada wartawan, Senin (17/5/2021).

Mengantisipasi lonjakan kasus COVID-19 usai mudik lebaran meskipun sudah dilarang, pihaknya meminta kepada warga Kota Cimahi yang lolos penyekatan dan melakukan perjalanan mudik ke luar daerah pada libur Lebaran beberapa hari lalu untuk melapor ke pengurus RT dan RW lingkungan tempat tinggal.

"Untuk antisipasi arus balik yang mudik kembali ke rumah masing-masing, kita minta pengurus RT dan RW untuk waspada dan mendata warga yang sempat mudik. Lalu wajib diperiksa (test COVID-19)," katanya.

"Secara serentak kita juga akan adakan pemeriksaan test antigen masif terutama untuk warga yang datang dari luar kota. Rencananya mulai besok dilaksanakan," tutur Ngatiyana menambahkan.

Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan Kota Cimahi Pratiwi menambahkan dua orang yang reaktif berdasarkan hasil rapid test antigen itu menjalani tes pada tanggal 16 Mei 2021. Selama dua hari pelaksanaan rapid test antigen ada sekitar 338 orang yang diperiksa termasuk dua orang tersebut.

"Iya reaktif rapid test antigen. Tapi sebetulnya sudah diakui kalau reaktif antigen itu dianggap positif. Kita sudah koordinasi dan melaporkan ke Dinas Kesehatan asal keduanya," ujar Pratiwi.

Simak juga Video: Tes Corona Arus Balik di Japek, Pengendara Asal Bekasi Reaktif

[Gambas:Video 20detik]



(mud/mud)