Heboh Video Maling Bonyok Dihajar Massa di Kuningan

Bima Bagaskara - detikNews
Minggu, 16 Mei 2021 15:58 WIB
Maling motor di Kuningan babak belur dihajar massa
Maling motor di Kuningan babak belur dihajar massa (Foto: Istimewa)
Kuningan -

Maling motor diamuk masa setelah aksinya kepergok warga di Kabupaten Kuningan, Jawa Barat. Videonya pun langsung beredar luas dan menghebohkan masyarakat.

Ada dua video yang beredar. Pada video pertama yang berdurasi 28 detik, tampak warga tengah menggotong maling motor dari area sawah. Maling itu kemudian dilemparkan ke sebuah saluran air dengan kondisi tangan terikat.

Sementara di video kedua yang berdurasi 13 detik menunjukkan bagaimana petugas kepolisian tengah berusaha mengevakuasi maling tersebut ke mobil patroli. Terlihat, petugas tampak kewalahan menghalau warga yang ingin menghakimi maling tersebut.

Dari informasi yang didapat rupanya maling itu tertangkap setelah ingin mencuri sepeda motor milik Ade Supriyadi, yang merupakan Kepala Desa Sarewu di Kecamatan Pancalang, Kabupaten Kuningan.

Peristiwa itu terjadi pada Sabtu (15/5/2021) kemarin sekitar pukul 10.30 WIB. Saat dikonfirmasi detikcom, Ade membenarkan peristiwa itu. "Iya video itu kejadiannya kemarin," kata Ade, Minggu (16/5/2021).

Ade menceritakan saat itu dirinya sedang membersihkan area sawah miliknya. Sementara sepeda motornya, diparkir di pinggir jalan. Namun tiba-tiba Ade mendengar suara yang mencurigakan dari arah sepeda motornya terparkir.

Benar saja, saat dicek Ade melihat ada tiga orang yang sedang berusaha mencuri sepeda motornya itu. Melihat hal tersebut Ade langsung berteriak.

"Kemarin saya ke sawah untuk mengurus lahan bengkoang. Motor saya parkir ga jauh sih, tiba-tiba saya dengar suara orang lagi nyela motor, pas saya intip rupanya ada yang mau ambil, tiga orang saat itu," ucap Ade.

"Saya kemudian teriak itu motor aing (saya). Lalu saya teriakin mereka maling sampe warga berdatangan," sambungnya.

Mengetahui aksinya terpergok warga lanjut Ade, ketiga maling itu langsung kocar kacir melarikan diri. Menurutnya dua orang berhasil melarikan diri dengan satu sepeda motor dan satu lainnya berhasil ditangkap warga.

"Dua kabur, satu orang yang ketangkep warga karena sembunyi. Disitulah warga kesal mungkin langsung menghakimi maling itu. Saya kemudian langsung telepon polisi buat mengamankan," tandasnya.

Dihubungi terpisah, Kapolsek Pancalang Iptu Ahmad Muksin mengungkapkan setelah menerima laporan terkait maling yang tertangkap warga, pihaknya langsung bergegas menuju lokasi.

Setibanya di lokasi, maling tersebut sudah berada di Kantor Desa Sarewu dengan kondisi babak belur.

"Iya, awal laporan masuk ada maling motor yang diamuk warga sudah babak belur, pas informasi masuk petugas kami langsung ke TKP dan mengamankannya dari amukan massa," jelas Muksin.

Beruntung saat itu polisi cepat tiba di lokasi. Menurut Muksin jika pihaknya terlambat datang, besar kemungkinan maling tersebut terus-menerus menjadi sasaran amuk massa.

"Kalau tidak diamankan segera khawatir terus-menerus diamuk massa, nyawanya bisa terancam," lanjut Muksin.

Saat ini pelaku maling motor tersebut sudah berhasil diamankan polisi. Sementara kasusnya ditangani langsung Satreskrim Polres Kuningan. "Pelaku sudah diamankan dan dikirim ke Polres Kuningan," pungkasnya.

(mud/mud)