Gerbang Tol Branangsiang Sempat Ditutup , Kendaraan Dialihkan ke GT Summarecon

M Sholihin - detikNews
Sabtu, 15 Mei 2021 20:53 WIB
Polres bogor tutup GT Branangsiang Tol Jagorawi
Foto: istimewa
Bogor -

Satlantas Polresta Bogor Kota menutup gerbang tol (GT) Branangsiang di ruas Tol Jagorawi selama 5 jam untuk kendaraan yang datang dari arah Jakarta dan Ciawi-Puncak Bogor. Penutupan dilakukan untuk mengurai kemacetan parah yang terjadi di kawasan tengah Kota Bogor sebagai imbas penyekatan di Gadog dan Sentul.

Kapolresta Bogor Kota Kombes Susatyo Purnomo Condro mengatakan, penutupan sementara Gerbang Tol (GT) Branangsiang Bogor dilakukan untuk mengurai kemacetan akibatnya membludaknya kendaraan yang menuju Kota Bogor sejak siang tadi.

"Kendaraan dari arah Jakarta menuju Kota Bogor dialihkan keluar melalui Pintu Tol Bogor Selatan/Summarecon. Sedangkan kendaraan dari arah Ciawi menuju Kota Bogor, dialihkan melalui Pintu Tol Sentul Selatan," kata Kapolresta Bogor Kota Kombes Susatyo Purnomo Condro, Sabtu (15/5/2021).

Kemacetan di Kota Bogor, lanjut Susatyo, sebagai dampak penyekatan di kawasan Gadog dan Sentul. Sehingga banyak pengendara yang memutar balik kendaraannya menuju Kota Bogor.

"Intinya Kota Bogor mengantisipasi membludaknya masyarakat menuju kota bogor, karena dilakukan pembatasan ke arah Puncak dan Sentul, sehingga banyak yg masuk ke pusat kota," ungkapnya.

Rekayasa lalulintas ini, kata Susatyo, akan diberlakukan setiap akhir pekan jika volume kendaraan di Kota Bogor terpantau padat. Hal ini untuk membatasi mobilitas warga dan mengantisipasi kerumunan di Kota Bogor.

"Rekayasa hanya dilakukan bila terjadi kepadatan yang di luar kewajaran pada pusat Kota Bogor seperti pada siang tadi sekitar pukul 13.00 WIB - 18.00 WIB," kata Susatyo.

Sementara itu, ribuan kendaraan juga diputar balik di kawasan Sentul Bogor. Tercatat, pada hari ini pagi hingga sore hari ada sebanyak 2.115 kendaraan yang diputarbalik.

Pengendara yang diputarbalik di Sentul merupakan kendaraan yang diputarbalik di titik penyekatan Gadog menuju Puncak.

"Jadi kendaraan yang diputar balik di Simpang Gadog mencari jalan alternatif dengan keluar Tol Sentul kemudian ke Babakanmadang dan mencari jalur tikus menuju Puncak. Tetapi ketika tiba disini (Sentul), mereka tetap kita putarbalik," kata Kapolsek Babakanmadang, AKP Silfia, Sabtu (15/5/2021).

"Sama dengan di Simpang Gadog, kami juga putar balik kendaraan dari plat luar Bogor. Kami perkuat pengamanan di sini (Babakanmadang)," tegas Silfia.
----------

(ern/ern)