542 Napi Lapas Karawang Terima Remisi Lebaran

Yuda Febrian Silitonga - detikNews
Jumat, 14 Mei 2021 12:47 WIB
Remisi Lebaran Napi Lapas Karawang
Pemberian remisi Lebaran kepada napi Lapas Karawang. (Foto: Yuda Febrian Silitonga/detikcom)
Karawang -

Sebanyak 542 warga binaan Lapas Kelas II A Kabupaten Karawang menerima remisi khusus hari raya Idul Fitri tahun ini.

"Besaran remisi tersebut bervariasi, mulai dari 15 hari, 1 bulan hingga 2 bulan," kata Kalapas Karawang Lenggono Kames, Jumat (14/5/2021).

Pemberian remisi Lebaran ini, kata dia, merupakan hak narapidana sesuai Pasal 34 Peraturan Pemerintah Nomor 99 Tahun 2012. Ia merinci, dari total 542 penerima remisi, 531 orang di antaranya dapat remisi khusus I, sedangkan 10 lainnya dapat remisi khusus II (9 orang di antaranya asimilasi) dan satu orang remisi khusus II-subsider.

Menurut Kames, pengurangan masa hukuman tersebut karena narapidana telah memenuhi syarat administratif dan substantif yang ditetapkan. "Mudah-mudahan pemberian remisi dapat memotivasi mereka (warga binaan) untuk berlaku lebih baik, sehingga bisa menjadi warga negara yang berguna untuk pembangunan," tuturnya.

Kepala Divisi Pemasyarakatan Wilayah Jawa Barat Taufiq Nurahman menjelaskan remisi merupakan pengurangan masa pidana yang diberikan kepada narapidana, dan anak yang memenuhi syarat yang ditentukan dalam ketentuan perundang-undangan.

"Yang jelas semua warga binaan pemasyarakatan yang mendapatkan remisi adalah mereka yang telah memenuhi persyaratan baik itu administrasi maupun substansi" ujar Taufiq.

Sekadar diketahui, jumlah penghuni Lapas Kelas II A Karawang saat ini 1.003 orang. Mereka terdiri dari tahanan dan 920 narapidana dengan total jumlah wanita 29 orang.

(bbn/bbn)