Pantau Malam Takbiran, Walkot Bandung: Jangan Sampai Ada Kerumunan

Yudha Maulana - detikNews
Rabu, 12 Mei 2021 22:02 WIB
Suasana jalan Badung di malam takbiran
Foto: Suasana jalan Badung di malam takbiran (Yudha Maulana/detikcom).
Bandung -

Kota Bandung relatif lebih sepi pada malam takbiran Idul Fitri 1442 H, Rabu (12/5/2021). Pasalnya, sejumlah titik jalan menuju pusat kota ditutup oleh petugas sejak pukul 18.00 WIB.

Pantauan detikcom, tak terlihat ada aktivitas warga yang berarti di Jalan Dago mau pun Jalan Asia Afrika. Kendati begitu, masih ada pergerakan lalu lintas warga di sejumlah jalan-jalan arteri imbas penutupan jalan utama.

Wali Kota Bandung Oded M Danial memastikan petugas di lapangan baik dari unsur pemerintahan mau pun TNI/Polri akan terus melakukan pemantauan.

"Pemantauan dan penyekatan tetap, kalau tadi masih ada aktivitas, tim di lapangan akan memantau terus. Saya minta kepada teman-teman di lapangan agar jangan sampai ada kerumunan," ujar Oded di pos pemantauan Cikapayang, Bandung, Rabu (12/5/2021).

Selain itu, Oded juga memastikan kesiapan masjid Al-Ukhuwah yang akan menggelar salat Id esok pagi. "Kita lihat masjid Al-Ukhuwwah, bagaimana kesiapan besok dengan protokol kesehatan yang ada. Mereka siap menyediakan disinfektan," tuturnya.

Lengangnya Kota Bandung juga terpantau pada siang hari di pusat perbelanjaan di kawasan Alun-alun Bandung.

Sementara itu kondisi berbeda di kawasan Jalan Tirtayasa. Di kawasan jalan tersebut ramai dipadati warga yang berbelanja di sejumlah pertokoan yang ada di jalan tersebut.

Sejumlah ruas jalan di Kota Bandung akan ditutup pada malam takbir dari Rabu (12/5/2021) pukul 18.00 WIB hingga Kamis (13/5) pukul 05.00 WIB. Kabar itu disampaikan melalui instagram resmi TMC Polrestabes Bandung, @tmcpolrestabesbandung.

"Selamat siang wargi Bandung, berikut kami sampaikan ruas jalan yang akan dilakukan penutupan pada malam takbir. Mari kita sambut malam takbir dengan penuh suka cita, dengan tidak melaksanakan takbir keliling, cukup di masjid saja," seperti dilihat detikcom dalam unggahan keterangan tersebut, Rabu siang.

(yum/mso)