Pantauan POB Cibeas Sukabumi, Kemungkinan Hilal Tidak Terlihat

Syahdan Alamsyah - detikNews
Selasa, 11 Mei 2021 19:02 WIB
Hilal tak terlihat dari pemantauan di Cibeas Sukabumi
Hilal tak terlihat dari pemantauan di Cibeas Sukabumi (Foto: Syahdan Alamsyah)
Sukabumi -

Ahli Hisab Aang Muhammad Yahya mengatakan hasil dari pengamatan hilal di Pusat Observasi Bulan (POB) Cibeas, Kecamatan Simpenan, Kabupaten Sukabumi besar kemungkinan hilal tidak terlihat.

Hal itu dikarenakan kemunculan hilal lebih dahulu daripada matahari terbenam.

"Besar kemungkinan, kalau dilihat besar kemungkinan (hilal) tidak terlihat karena hilal lebih dulu tenggelam atau hilal lebih dahulu daripada matahari terbenam, sehingga kalau dikatakan itu kecil kemungkinan kalau secara sains mustahil bisa dilihat," ungkap Aang di POB Cibeas, Selasa (11/5/2021).

Menurut Aang, dengan kondisi tersebut kemungkinan besok masih melaksanakan puasa Ramadhan atau Istikmal. "Jadi dari kami hasil atau tidaknya hanya memberikan masukan kepada pusat. Namun besar kemungkinan Istikmal," jelasnya.

Ketua Tim Ruhiyat Hilal DPP LDII Wilman Fatahilah mengatakan ketika hilal terlihat maka bisa dipastikan 1 Syawal akan jatuh pada Rabu (12/5/2021) besok. Namun bila tidak terlihat maka puasa Ramadhan akan digenapkan selama 30 hari.

"Ketika hari ini kita tidak bisa melihat hilal maka puasa kita disempurnakan menjadi 30 atau disebut dengan istikmal sehingga besok kita masih puasa dan 1 syawal jtatuh pada esok harinya," ujarnya.

"Sehingga karena memang kita ketahui bahwa rukyat hilal adalah bagian dari ibadah bagian dari perintah rasul sehingga nampak atau tidak nampak kewajiban kita adalah untuk melihat hilal itu. Untuk memastikan kapan kita berhari raya dan kapan melaksanakan puasa ramadhan," sambung dia.

(sya/mud)