3.000 Pemudik Diperkirakan Lolos Penyekatan Masuk ke Kuningan

Bima Bagaskara - detikNews
Senin, 10 Mei 2021 18:22 WIB
Penyekatan kendaraan di Kuningan
Penyekatan kendaraan di Kuningan (Foto: Bima Bagaskara)
Kuningan -

Tiga ribu pemudik yang berhasil lolos dari penyekatan di berbagai daerah diperkirakan sudah tiba di Kabupaten Kuningan, Jawa Barat. Namun jumlah itu menurun drastis dari pemudik yang datang ke Kuningan pada lebaran tahun 2020 lalu.

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Kuningan Indra Bayu mengatakan pada lebaran tahun 2020 lalu tercatat ada 67.075 pemudik yang tiba di Kabupaten Kuningan.

Sementara untuk tahun ini, hingga tiga hari menjelang lebaran diperkirakan baru sekitar tiga ribu pemudik yang tiba di Kabupaten Kuningan.

"Jelas ada penurunan (pemudik) tahun 2020 kemarin pemudik yang datang itu di angka 67.075, namun saat ini sampai tanggal 9 Mei kemarin diperkirakan baru sekitar tiga ribu pemudik yang datang," kata Indra di kantornya, Senin (10/5/2021).

Kata Indra kemungkinan besar pemudik yang tiba di Kabupaten Kuningan ini adalah mereka yang berhasil lolos dari pos penyekatan yang ada di berbagai daerah.

Untuk itu, Satgas COVID-19 Kabupaten Kuningan telah menekankan kepada pemerintah desa dan kecamatan untuk mengawasi keberadaan pendatang dan meminta yang bersangkutan agar melakukan isolasi mandiri.

"Tidak menutup kemungkinan adanya kebocoran dan masyarakat yang lolos dari penyekatan. Yang kita antisipasi adalah minimalnya diupayakan untuk diawasi dan melakukan isolasi mandiri di rumah," ungkap Indra.

"Jadi setelah melakukan isolasi di rumah kalau memang tidak ada gejala medis baru boleh beraktivitas di luar rumah. Jadi itu langkahnya ketika ada masyarakat yang lolos dari penyekatan," lanjutnya.

Hingga hari ini juga tercatat ada sekitar 1.924 kendaraan yang diperiksa di lima pos penyekatan di Kabupaten Kuningan. Sementara untuk kendaraan yang diputar balik mencapai 40 kendaraan.

Tonton juga Video: Penyekatan di Kedungwaringin Dibuka, Kakorlantas: Diskresi Polisi

[Gambas:Video 20detik]



(mud/mud)