Reaksi Kapolda Jabar soal Pemudik Terobos Penyekatan di Karawang

Dony Indra Ramadhan - detikNews
Senin, 10 Mei 2021 15:09 WIB
Kapolda Jabar Irjen Ahmad Dofiri
Kapolda Jabar Irjen Ahmad Dofiri (Foto: Muhammad Iqbal/detikcom)
Bandung -

Kapolda Jawa Barat Irjen Ahmad Dofiri angkat bicara mengenai pemudik jebol penyekatan di Karawang. Polisi menyebut mereka diloloskan namun dihalau di Subang.

"Kemarin yang terjadi di Karawang adalah, bahwa diloloskan itu karena memang situasinya. Jadi dua jalur itu sudah dipakai oleh pengendara tadi. Sehingga kalau kita balikkan pun tidak akan mungkin. Sehingga sebagian, setengah jam ya kita loloskan dulu, tapi nanti di Subang mereka akan dibalikkan," ujar Dofiri kepada wartawan di Cileunyi, Senin (10/5/2021).

Dofiri menambahkan pelolosan itu memang dikarenakan situasinya yang tidak memungkinkan. Namun dia memastikan bila kendaraan yang diloloskan tersebut akan dihalau di lokasi lain.

"Tapi sekali lagi, di tempat lain kita perkuat penyekatan itu akan diputarbalikkan kembali," kata dia.

Kendati demikian, Dofiri mengatakan pihaknya tetap melakukan antisipasi agar hal tersebut tak terulang kembali. Pengawasan akan dilakukan lebih maksimal.

"Kita lihat fenomena ini tetap antisipasi, benar pertanyaan tadi, apakah benar nanti akan ada lonjakan? Kita sudah mengantisipasi tadi dengan Pangdam sudah berdiskusi. Jadi berapa titik sekat seperti di Karawang kemudian di Patok Besi di Subang, kemudian di Patrol terus sampai ke Cirebon kita akan ada penambahan pasukan dan 1x24 jam kita standby. Jadi mengelabui kapan istirahat dan waktunya mereka berbuka, 1x24 jam non stop kita melakukan kegiatan itu," kata dia.

Seperti diketahui pemudik melakukan penerobosan penyekatan di Karawang. Dilihat dari video yang beredar, pemudik terlihat menerobos pos penyekatan Karawang-Bekasi. Kejadian itu terjadi pada Sabtu (8/5/2021) malam. Saat itu hujan deras mengguyur lokasi tersebut.

(dir/bbn)