Cerita Pemudik Terobos Penyekatan dan Susuri 'Jalur Tikus' di Cirebon

Sudirman Wamad - detikNews
Senin, 10 Mei 2021 05:08 WIB
Pemudik Susuri Jalan Tikus di Cirebon
Pemudik yang menggunakan sepeda motor menyusuri 'jalur tikus' di Cirebon. (Foto: Sudirman Wamad/detikcom)
Cirebon -

Petugas gabungan menghalau rombongan pemudik di pos penyekatan jalur Pantura, Kecamatan Weru, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat. Usai dihalau petugas, para pemudik itu memilih jalur tikus di sekitar pos.

Salah seorang pemudik asal Brebes, Jateng, Bayu (30), mengaku sudah tiga kali berhadapan dengan petugas di jalur Pantura. Bayu mengaku tak bisa membendung kerinduannya untuk bertemu keluarga. Sehingga, ia nekat memilih mudik, kendati pemerintah telah menerbitkan larangan mudik.

Bayu berangkat dari Jakarta pada Minggu (9/5) petang. Ia lolos dari dua penyekatan di Bekasi dan Karawang. "Di Bekasi diputarbalikkan, saya istirahat kemudian lanjut perjalanan. Di Karawang juga sama," kata Bayu saat berbincang dengan detikcom di Kecamatan Weru, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, Senin (10/5/2021) dini hari.

Bayu tak menyangka setelah lolos dari Bekasi dan Karawang, ia kembali dihadang petugas di Cirebon. Berbeda dengan di dua lokasi sebelumnya, Bayu memilih melanjutkan perjalanan melalui 'jalur tikus'.

"Sekarang lanjut. Lewat 'jalur tikus' juga tidak masalah. Yang penting bisa sampai tujuan. Sudah kangen sama anak dan istri di Brebes," kata Bayu.

Pemudik Susuri Jalan Tikus di CirebonPemudik yang menggunakan sepeda motor menyusuri 'jalur tikus' di Cirebon. (Foto: Sudirman Wamad/detikcom)

Pemudik yang bekerja sebagai buruh pabrik itu mengaku sudah libur sejak Sabtu (8/5). Baginya, libur panjang lebih berharga dengan keluarga ketimbang sendirian di kontrakan.

"Daripada di kontrakan lantang-lantung sendiri. Liburnya panjang sampai pekan depan," ucap Bayu.

Simak video 'Antisipasi Diterjang Pemudik, Polres Cirebon Ubah Pola Penyekatan':

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2