Angkut Pemudik, Bus AKAP Diputar Balik di Pos Penyekatan Puncak Cianjur

Ismet Selamet - detikNews
Minggu, 09 Mei 2021 12:53 WIB
Bus diputar balik di pos penyekatan Cianjur
Foto: Bus diputar balik di pos penyekatan Cianjur (Ismet Selamet/detikcom).
Cianjur -

Sejumlah bus dan angkutan umum diputar balik petugas gabungan di pos penjagaan Segar Alam Cianjur lantaran membawa pemudik tanpa memiliki surat test bebas COVID-19.

Pantauan detikcom, sejak Minggu (9/5/2021) pagi sekitar pukul 08.00 WIB hingga pukul 11.00 WIB arus kendaraan masih sepi. Tetapi sekitar pukul 11.30 WIB, arus kendaraan dari luar kota ke Cianjur via Puncak mulai padat.

Kendaraan pribadi, bus, dan angkutan umum lainnya tampak antre di pos penjagaan dan pemeriksaan di Segar Alam Puncak Cianjur. Beberapa bus jurusan Cianjur-Jakarta pun tak luput dari pemeriksaan, meskipun sudah memiliki stiker khusus.

Didapati jika 27 penumpang bus tersebut tidak memiliki surat test antigen. Oleh karena itu, meskipun sopir sudah ditest tetapi bus tetap diputar arah.

"Kita putar arah bus tersebut. Karena bukan hanya sopirnya, tapi penumpangnya juga harus ditest antigen," ucap Kapolres Cianjur AKBP Moch Rifai, Minggu (9/5/2021).

Tak hanya bus, angkutan umum lainnya dengan trayek antar kota juga diperiksa dan diputar arah.

"Kita perketat pemeriksaan untuk mencegah pemudik masuk, apalagi yang tidak bisa menunjukan surat bebas COVID-19," ucapnya.

Di sisi lain, Kapolsek Pacet AKP Galih Apria mengatakan untuk di pos penyekatan Segar Alam Puncak, setiap harinya ada 1.500 kendaraan yang diperiksa. Total dari tanggal 6 Mei, tercatat ada 6.000 kendaran yang diperiksa dengan 2.400 di antaranya diputar arah.

"Puncaknya malam tadi, banyak yang berusaha mudik dan kami putar balikan. Tercatat hingga saat ini sudah 2.400 kendaraan yang diputar arah di pos penyekatan segar alam," ujarnya.

Tonton juga Video: Modus Pemudik Lolos Penyekatan: Sengaja Tak Bawa Barang Banyak

[Gambas:Video 20detik]



(mso/mso)