Mudik Dilarang, Rest Area Cipali Sepi-Pedagang Merugi

Bima Bagaskara - detikNews
Sabtu, 08 Mei 2021 04:07 WIB
Rest Area Cipali Sepi
Rest Area KM 166 di Tol Cipali terlihat sepi. (Foto: Bima Bagaskara/detikcom)
Majalengka -

Pemerintah resmi melarang mudik pada 6 hingga 17 Mei 2021. Larangan mudik ini membuat jalan tol di sejumlah wilayah sepi dari kendaraan, yang juga berimbas sepinya rest area.

Sebagaimana terlihat di rest area KM 166 Tol Cipali, Kabupaten Majalengka, Jumat (7/5) petang. Tempat tersebut sepi. Hanya ada beberapa kendaraan pribadi yang terparkir dan beristirahat. Sementara ruas Tol Cipali terpantau lengang dari lalu-lalang kendaraan.

Sepinya kendaraan yang masuk ke rest area KM 166 juga berdampak kepada pedagang. "Saat ini terpantau kendaraan sepi dan beberapa pedagang mulai mengeluh adanya penurunan omzet," kata Pijar Alam, pengelola rest area KM 166.

Meski rest area sepi, menurut Pijar, pihaknya tetap memberikan pelayanan maksimal kepada pengunjung. "Namun kami tetap mendukung upaya pemerintah menekan angka penyebaran COVID-19. Kami juga tetap memberikan pelayanan yang maksimal bagi pengunjung," ucap Pijar.

Rest Area Cipali SepiRest Area KM 166 di Tol Cipali terlihat sepi. (Foto: Bima Bagaskara/detikcom)

Delia, salah satu pedagang, mengaku sejak Kamis (6/5) tidak ada satupun pembeli yang datang ke warungnya. Omzet penjualannya menurun drastis.

"Rugi banget. Pengeluaran banyak, pemasukan nggak ada," ucap Delia.

Menurut Delia, sebelum larangan mudik diberlakukan, pemasukannya dari berjualan masakan khas Sunda bisa mencapai jutaan rupiah per hari. "Sehari sampai Rp 1 juta, bahkan lebih. Apalagi pas tanggal 5 (sebelum larangan mudik) kemarin, puncaknya itu besar banget pemasukan," ujarnya.

Kendati sepi pembeli akibat adanya larangan mudik, Delia tetap berjualan hingga Lebaran nanti. Ia berharap masih ada pengunjung yang datang ke rest area KM 166 dan membeli dagangannya.

"Tetap akan jualan sampai Lebaran nanti, meski nggak ada yang mudik dan nggak ada yang beli," kata Delia.

Simak juga video 'Melihat Lagi Gong Dimulainya Larangan Mudik 2021':

[Gambas:Video 20detik]



(bbn/bbn)