Heboh Ilustrasi Bumi Datar di Soal Ujian Siswa Kelas 6 SD Cimahi

Siti Fatimah - detikNews
Jumat, 07 Mei 2021 04:20 WIB
Soal ujian bumi datar di Cimahi
Foto: Soal ujian bumi datar di Cimahi (Istimewa).
Cimahi -

Media sosial Facebook dihebohkan dengan postingan salah satu netizen yang memuat ilustrasi bumi berbentuk datar pada soal ujian Sekolah Dasar (SD) kelas 6. Berdasarkan informasi yang diperoleh, soal tersebut dikeluarkan oleh sebuah sekolah swasta di Kota Cimahi.

Dilihat detikcom, postingan itu dibagikan melalui akun Facebook bernama Akbarman Tanjung yang membagikan ulang pengalaman Desmanjon Purba. Pada Kamis (6/5/2021) pukul 20.00 WIB postingan tersebut sudah dibagikan lebih dari 205 kali dan disukai hampir 500 orang.

Dari foto yang tersebar di media sosial, terlihat adanya pertanyaan dengan menyematkan sebuah gambar menunjukkan bumi berbentuk datar. Sementara planet lainnya berbentuk bulat. Pengunggah memberikan keterangan bahwa postingan tersebut merupakan pengalaman Desmanjon Purba yang terdapat di bagian bawah keterangan postingan.

"Lapor...Pagi ini, Rabu, 5 Mei 2021. Hari ke-3 Ujian Sekolah untuk anak saya kelas 6 di salah satu SD Swasta di Baros Cimahi secara daring. Ujian dari rumah. Anak saya kaget dan berkata ke saya. "Ini aneh Pa', masa sih gambar bumi dibikin datar!" Katanya ke saya setengah teriak," isi pembuka postingan tersebut.

Kemudian dia menceritakan kronologi pengelamannya menemukan kejanggalan soal ujian anaknya tersebut. "Wah... saya juga sontak kaget, lantas mendekati laptop yang digunakan anak saya Ujian Sekolah. Saya lihat nomor soal ke-30 itu. Waduh bener euy, gambar planet bumi dibikin datar," tuturnya.

Melalui sambungan telepon, Kepala Dinas Pendidikan Pemkot Cimahi Harjono menyampaikan klarifikasi atas adanya kasus tersebut.

Dia mengungkapkan, identitas sekolah yang memuat soal ujian bumi berbentuk datar itu ialah Santa Maria dan Santo Yusup. Harjono mengaku sudah memanggil Kepala Sekolah dan Guru yang menyusun materi soal ujian secara daring yang ditujukan ke murid SD kelas 6 itu.

Setelah melakukan komunikasi dengan keduanya, Harjono mengatakan, guru yang menyusun soal ujian sudah mengakui kesalahannya dan tak berniat untuk memberi pemahaman pada murid bahwa bumi berbentuk datar.

Dia mengatakan, guru yang tidak ingin disebutkan identitasnya tersebut mendapatkan gambar bumi datar dari Google. Gambar tersebut dinilainya paling layak dan dapat menarik perhatian murid karena memuat warna yang beragam.

"Itu murni ketidaktahuan guru dan tidak ada maksud mengatakan bumi datar, yang bersangkutan adalah bukan guru yang punya paham bahwa bumi itu datar," ujar Harjono saat dihubungi wartawan, Kamis (6/5/2021).

Lihat juga video 'LAPAN: Komunitas Bumi Datar Tidak Percaya Gravitasi':

[Gambas:Video 20detik]



(mso/mso)