Diguyur Hujan Deras, Sejumlah Rumah di Bogor Terendam Banjir

M. Sholihin - detikNews
Kamis, 06 Mei 2021 18:39 WIB
Banjir di Bogor
Foto: Banjir di Bogor (Istimewa).
Bogor -

Hujan deras yang mengguyur di wilayah Kabupaten Bogor mengakibatkan banjir dan merendam puluhan rumah di kawasan Cibinong. Genangan air di jalan raya juga terjadi beberapa titik di kawasan Cibinong Bogor.

"Banjir semua ini, di rumah saya tinggi sudah sampai hampir lutut. Kursi, kasur sudah basah semua. Mau buka puasa banjir begini," kata warga di Kampung Curug, Kelurahan Pakansari, Kecamatan Cibinong, Kabupaten Bogor, Dewi Priharti, Kamis (6/5/2021).

"Di sekitar saya rumah yang lain juga kebanjiran, toko di pinggir jalan yang arah GOR Pakansari kebanjiran semua, air masuk ke rumah, ke toko juga," ucapnya.

Ketua RT 05/04 Kampung Cikempong, Kelurahan Pakansari Cibinong Bogor, Syamsu mengatakan banjir setinggi hingga 80 centimeter menggenangi puluhan rumah di wilayahnya.

"Di wilayah saya rumah dan warung-warung yang tergenang itu bisa puluhan, tingginya ya sekitar lutut, tapi ada yang sampai 1 meter," kata Syamsu kepada detikcom.

"Saya berharap, pemerintah Kabupaten Bogor bisa bertindak. Ini wilayah jadi sering banjir setelah dibangun gorong-gorong. Makanya kita bingung, gorong-gorong saluran air dibangun, tapi malah bikin banjir," imbuhnya.

Selain banjir, genangan air sekitar 40 centimeter atau setinggi lutut orang dewasa menggenangi jalan raya menuju lapangan GOR Pakansari Cibinong Bogor. Tidak hanya itu, genangan air juga terjadi di Jalan Raya Mayor Oking, tepatnya di depan ITC Cibinong dan Jalan Raya Pemda, Karadenan Kecamatan Cibinong, Kabupaten Bogor.

"Informasi banjir dan genangan air memang sudah masuk, tapi anggota masih perjalanan mau cek dan pastikan ke lokasi. Genangan di jalan ke arah Pakansari itu memang sering ya, kalau hujan dalam waktu lama itu pasti tergenang, langganan disitu," kata Kasie Kedaruratan BPBD Kabupaten Bogor Muhamad Adam, Kamis (6/5/2021).

Adam menyebut, banjir dan genangan air yang terjadi di kawasan GOR Pakansari, Cibinong, Kabupaten Bogor terjadi akibat penyempitan Sungai Kumpa. Debit air yang tidak tertampung oleh lebar sungai kemudian meluap dan menggenangi jalanan dan pemukiman warga.

"Ini kan memang karena ada penyempitan sungai ya, air meluap dan melimpas kemana-mana. Kampung Curug yang ada di dekat GOR Pakansari itu banjir, kantor BPBD juga ada genangan karena luapan sungai di belakang kantor," ucap Adam.

(mso/mso)