Tol Cipali Lengang di Hari Pertama Larangan Mudik Lebaran 2021

Bima Bagaskara, Sudirman Wamad - detikNews
Kamis, 06 Mei 2021 12:30 WIB
Pintu Tol Palimanan
Foto: Pintu Tol Palimanan (Sudirman Wawad/detikcom).

Sementara itu, petugas gabungan melakukan penyekatan kendaraan di Gerbang Tol (GT) Kertajati, Kabupaten Majalengka. Penyekatan ini menyasar kendaraan yang mengangkut pemudik di tengah larangan pemerintah.

Pantauan detikcom, belasan petugas tampak berjaga dan menunggu adanya kendaraan dengan pelat nomor luar daerah keluar dari GT Kertajati. Selanjutnya petugas langsung menghentikan satu persatu kendaraan yang dicurigai membawa pemudik.

Dalam penyekatan ini kendaraan yang paling banyak dihentikan dan diperiksa petugas ialah kendaraan yang berasal dari wilayah Jakarta, Bandung dan Karawang. Pengemudi harus bisa menunjukkan surat hasil pemeriksaan medis jika ingin lolos dari penyekatan tersebut.

Kapolres Majalengka AKBP Syamsul Huda yang memantau langsung penyekatan di GT Kertajati mengatakan meski mendapati beberapa kendaraan dari luar daerah, namun hanya satu kendaraan yang diputar balik karena tidak membawa surat-surat.

"Iya tadi banyak memang yang diperiksa, ada dari Jakarta, Bandung, Karawang. Setelah diperiksa rata-rata punya surat bebas COVID-19, ada yang bawa surat tugas. Tapi ada satu kendaraan yang diputar balik tadi," kata Syamsul saat diwawancarai.

Di hari pertama larangan mudik ini, polisi juga mengklaim jika penyekatan yang dilakukan di sejumlah pintu masuk jalan tol sudah berjalan baik. Hal itu terbukti dari situasi Tol Cipali pada Kamis ini yang terpantau lengang.

"Kita lihat sendiri pemudik yang melalui jalur tol tidak ada, mungkin penyekatan yang dilakukan di tiap titik gate masuk berjalan baik, kita harapkan ini bisa terus terjadi sampai setelah lebaran nanti," ucap Kombes Pol Wahyu Wim Harjanto selaku Auditor Madya tingkat 3 Polda Jabar saat berkunjung ke GT Kertajati.

Halaman

(mso/mso)