Raden Rangga: Kekaisaran Sunda Nusantara Berbeda dengan Sunda Empire

Dony Indra Ramadhan - detikNews
Kamis, 06 Mei 2021 12:12 WIB
SIM Negara Kekaisaran Sunda Nusantara milik pengemudi Pajero.
SIM 'Negara Kekaisaran Sunda Nusantara' milik pengemudi Pajero. (Dok.Polda Metro Jaya)
Bandung -

Nama 'Kekaisaran Sunda Nusantara' menjadi sorotan usai seorang pengendara diberhentikan petugas gegara pakai SIM berbeda. 'Kekaisaran Sunda Nusantara' disebut berbeda dengan Sunda Empire yang lebih dulu eksis.

Hal itu diungkapkan oleh Raden Rangga Sasana petinggi Sunda Empire melalui kuasa hukumnya, Erwin Syahduddi. Rangga bercerita kepada Erwin soal Kekaisaran Sunda Nusantara belakangan ini.

"Kemarin saya juga sudah sempat klarifikasi. Beliau bilang itu berbeda dengan Sunda Empire," ucap Erwin kepada detikcom, Kamis (6/5/2021).

Erwin mengatakan bahwa Rangga tak mengenal sosok Rusdi Karepesina (55), pemilik kendaraan hitam sekaligus SIM Kekaisaran Sunda Nusantara. Selain Rusdi, Rangga juga tidak mengenal dengan orang-orang di Kekaisaran Sunda Nusantara.

"Kedua kalau dari beliau, nggak kenal orang-orang dari Sunda Nusantara. Pak Rangga menegaskan tidak kenal (dengan Rusdi)," tutur Erwin.

Sekadar diketahui, polisi menilang kendaraan Rusdi di Tol Cawang. Kasat PJR Polda Metro Jaya Kompol Akmal mengatakan pihaknya memberhentikan mobil pelaku karena melihat nomor kendaraan tidak sesuai aturan yang berlaku.

Polisi pun tidak menemukan surat kendaraan resmi dari pelaku. Akmal mengatakan bahwa Rusdi mengaku sebagai warga dari Kekaisaran Sunda Nusantara.

"Surat kendaraan (resmi) nggak ada. Cuman bawa STNK terbitan negara Kekaisaran Sunda Nusantara," kata Akmal, Rabu (5/5).

Saat melakukan pemeriksaan, polisi menemukan banyak identitas Rusdi yang mengaku sebagai jenderal dari Kekaisaran Sunda Nusantara. Hingga kini polisi masih mendalami asal-usul Kekaisaran Sunda Nusantara yang disebut oleh Rusdi.

detikcom menerima sejumlah foto identitas dari Rusdi. Dari foto-foto tersebut diketahui pangkat Rusdi sebagai jenderal muda di Kekaisaran Sunda Nusantara. Pada identitas yang tertera Rusdi menjabat sebagai jenderal muda Imperial Army of The Empire of The Sunda Archipelago atau Tentara Kekaisaran Sunda Nusantara (TKSN).

Simak video 'Sederet Gambar 'Kekaisaran Sunda Nusantara' di Mobil Pajero SN-45-RSD':

[Gambas:Video 20detik]



(dir/bbn)