Halau Pemudik, Petugas Berhentikan-Putar Balik Kendaraan Luar Bandung

Dony Indra Ramadhan - detikNews
Kamis, 06 Mei 2021 11:22 WIB
Penyekatan pemudik di Cibiru Bandung
Foto: Penyekatan pemudik di Cibiru Bandung (Dony Indra Ramadhan/detikcom).
Bandung -

Polisi mulai melakukan penyekatan mudik lebaran 2021. Kendaraan berpelat nomor di luar Kota Bandung diberhentikan dan diputar balik.

Seperti pantauan detikcom di bunderan Cibiru, Kota Bandung yang menjadi perbatasan wilayah di timur Kota Bandung pada Kamis (6/5/2021), petugas gabungan yang bersiaga di pos penyekatan memberhentikan sejumlah kendaraan.

Kendaraan yang diberhentikan rata-rata berpelat nomor luar Kota Bandung seperti pelat Z, B dan E. Saat diberhentikan, petugas mendatangi pengendara tersebut.

Saat didatangi, petugas menanyakan dokumen perjalanan untuk yang bekerja di Kota Bandung dan surat kesehatan pengendara. Pengendara yang membawa persyaratan lengkap diperbolehkan masuk sedangkan yang tidak diarahkan untuk memutar balik.

"Apabila para pengendara memenuhi persyaratan dokumen maka kita perbolehkan masuk, karena memang mereka bekerja di Kota Bandung, namun apabila para pengendara tidak bisa menunjukkan dokumen, kita putarbalikkan," ujar Kasatlantas Polrestabes Bandung Kompol M Rano Hadiyanto di Bunderan Cibiru.

Rano mengatakan proses penyekatan di Kota Bandung sudah dilakukan sejak pagi tadi. Menurutnya, ada aturan yang diberlakukan bagi pengendara yang akan masuk ke Kota Bandung saat pelarangan mudik ini sesuai surat edaran.

"Kita ketahui bersama untuk wilayah Bandung dilakukan pengecekan dokumen kesehatan maupun dokumen izin perjalanan bagi masyarakat yang dari luar Kota Bandung," katanya.

(dir/mso)