Halau Pemudik, 2.500 Personel Siaga di Tol Cikupa hingga Merak

Bahtiar Rifa'i - detikNews
Rabu, 05 Mei 2021 12:23 WIB
Kapolda Banten Irjen Rudy Heriyanto saat mengecek pasukan di Mapolda Banten.
Kapolda Banten Irjen Rudy Heriyanto saat mengecek pasukan di Mapolda Banten. (Foto: Bahtiar/detikcom)
Serang -

Sebanyak 2.500 personel gabungan Polisi, TNI, Satpol PP dan Disnas Perhubungan bersiaga menghalau pemudik mulai dari Tol Cikupa hingga Pelabuhan Merak di Banten. Mereka disebar di 19 titik penyekatan seluruh Banten selama operasi Ketupat Maung 2021 6-17 Mei.

"Jumlah personel kurang lebih 1.800 dan didukung TNI, Dinkes, Satpol PP 700 personel, kita menutup 19 titik, 6 titik di tol dan 13 di jalur arteri," kata Wakapolda Banten Brigjen Ery Nursatari di Mapolda Banten, Jalan Syekh Nawawi Al Bantani, Serang, Rabu (5/5/2021).

Ery menyebut bahwa transportasi semua akan ditutup kecuali angkutan barang. Untuk mereka yang beralasan dinas, akan dicek secara tegas.

Dia juga menyinggung bahwa mudik saat Lebaran jangan sampai terjadi lonjakan tsunami COVID-19 seperti di India. Jika tidak dibangun kesadaran dan tindakan tegas selama larangan mudik, itu bisa berdampak khususnya saat Lebaran.

"Percuma kita melakukan euforia ketemu saudara, orang tua, seminggu dari kegiatan itu satu-satu (korban) berjatuhan. Sebab itu, berkaitan dengan pengamanan akan sebaik-baiknya, tentunya yang dilarang kami akan tegaskan tidak mudik Lebaran" ucap Ery menegaskan.

Di tempat sama, Kabid Humas Polda Banten Kombes Edy Sumardi menambahkan, selain 19 titik penyekatan, pihaknya membuat pos pengamanan dan pelayanan daerah wisata dan mal. Fungsinya untuk memantau jika ada kerumunan tanpa protokol di lokasi itu.

"Personel di sini akan melakukan pemeriksaan, wajib pakai masker, dibatasi jumlahnya. Tanggal 6 besok tidak ada lagi masyarakat yang mudik karena transportasi dihentikan kecuali kendaraan prioritas atau orang yang mendapat rekomendasi karena sakit dan meninggal," tutur Edy.

Berikut 19 titik penyekatan pemudik:
1. Gerbang Tol Cikupa
2. Gerbang tol Cikande
3. Gerbang tol Ciujung
4. Gerbang tol Serang Timur
5. Gerbang tol Serang Barat
6. Gerbang tol Merak
7. Pos Sekat Citra Raya
8. Jayanti
9. Cisoka
10. Pertigaan CIkande Asem
11. Tanara
12. Pusri
13. Pelabuhan Bojonegara
14. Gerem Bawah
15. Gayam Pandeglang
16. Cilograng Lebak
17. Jasinga
18. Curug Bitung
19. Gerbang Pelabuhan Merak

Lihat Video: 765 Personel Gabungan Diterjunkan Halau Pemudik di Ciamis

[Gambas:Video 20detik]



(bri/bbn)