Prof Sanusi Uwes Terpilih Jadi Ketua DPW Partai Ummat Jabar

Yudha Maulana - detikNews
Selasa, 04 Mei 2021 12:54 WIB
Hingga saat ini, DPD PAN Lamongan belum mendapat informasi apakah ada kader yang menyeberang ke Partai Ummat. Partai Ummat merupakan partai yang dideklarasikan Amien Rais di Yogyakarta, Kamis (29/4).
Bendera Partai Ummat (Foto: Eko Sudjarwo/detikcom)
Bandung -

Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Ummat Jawa Barat mulai dibentuk. Di dalam rapat pembentukan DPW yang dilakukan pada 2 Mei 2021, baru terpilih tiga orang pucuk pimpinan DPW Partai Ummat Jabar.

Di dalam rapat tersebut, Prof Sanusi Uwes dipilih sebagai ketua DPW dan Prof Yani Syafei sebagai sekretaris jenderal (Sekjen) DPW. Sementara untuk kelengkapan organisasi yang lainnya, termasuk susunan kepengurusan masih di dalam pembahasan.

"Deklarasi di tingkat nasional saja, di daerah DPW dan DPD membuat tim persiapan pembentukan Partai Ummat (TP3U), hari Minggu kemarin tanggal 2 Mei rapat pembentukan DPW-nya," ujar Uwes saat dihubungi detikcom, Selasa (4/5/2021).

"Jadi intinya (Ketua DPW) Prof Sanusi, dan Sekjennya saya, Prof Yani," kata Yani melanjutkan.

Yani mengatakan telah terbentuk TP3U tingkat DPD hampir di seluruh kabupaten/kota di Jabar, terkecuali di Kota Banjar. "Banjar sedang dalam pembahasan dalam dua hari, mungkin hari ini selesai. Untuk kota/kabupaten lainnya masih dalam proses masing-masing," kata Yani.

Ia menegaskan, Partai Ummat ini berbeda dengan PAN dan akan mencakup khalayak yang lebih luas. Partai yang baru dideklarasikan oleh Amien Rais pada Kamis 29 April ini akan mengusung visi misi Pancasila dengan berpijak pada nilai-nilai Islam.

"Dan Partai Ummat tidak seperti partai lain yang dibentuk dari ormas dulu. Ini dari bawah, dari massa. Kemudian ditunjuk PIC, menugaskan dibentuk dari bawah," katanya.

Di tingkat DPP Partai Ummat diketuai oleh menantu Amien Rais, Ridho Rahmadi. Dalam kepengurusan Partai Ummat, Amien Rais mengemban jabatan Ketua Majelis Syuro. Sejumlah politikus yang sempat dikenal sebagai kader PAN juga masuk kepengurusan Partai Ummat.

"Saya deklarasikan kelahiran Partai Ummat di persada bumi pertiwi Indonesia yang kita cintai bersama," kata Amien Rais dalam acara deklarasi Partai Ummat, yang ditayangkan di YouTube Amien Rais Official, Kamis (29/4/2021).

"Kami Partai Ummat bersama anak bangsa lainnya insya Allah akan bekerja, berjuang, dan berkorban apa saja untuk melawan kezaliman dan menegakkan keadilan," ucap Amien Rais.

Simak video 'Amien Rais Deklarasi Partai Ummat, Menantu Jabat Ketum':

[Gambas:Video 20detik]



(yum/mud)