Jabar Banten Hari Ini: Pilu Bayi Kembar Meninggal-Satu Kampung Lockdown

Tim detikcom - detikNews
Senin, 03 Mei 2021 22:23 WIB
Poster
Ilustrasi (Foto: Edi Wahyono)

54 Orang Positif Rapid Antigen, Satu Kampung di Cianjur Lockdown

Satu kampung di Kecamatan Cibinong Kabupaten Cianjur Jawa Barat dilockdown usai 54 orang dinyatakan positif berdasarkan hasil test antigen. Ini menjadi lockdown lokal pertama di Cianjur.

Juru Bicara Pusat Informasi dan Koordinasi COVID-19 Cianjur Yusman Faisal, mengatakan 54 orang warga Kampung Kertajadi Desa Kertajadi Kecamatan Cibinong itu menjalani isolasi mandiri di rumah masing-masing, sambil menunggu hasil swab test PCR.

"Kalau dari antigen sudah positif, tapi kita masih tunggu hasil PCR. Mereka sementara jalani isolasi mandiri, tapi dipantau terus petugas," ujar Yusman, hari ini.

Yusman mengatakan warga yang positif juga sebatas mengalami gejala ringan, seperti hilang penciuman. "Tapi jika harus ada yang dirawat, maka segera dibawa ke rumah sakit," kata dia.

Menurutnya, selama diberlakukan lockdown lokal, tidak diperbolehkan ada yang keluar masuk kampung tersebut. Petugas dari TNI dan Polri pun akan berjaga di setiap akses masuk.

"Jadi tidak boleh ada yang dari luar masuk ke kampung ataupun sebaliknya. Selama. Masa isolasi, kampung tersebut dikarantina," ucapnya.

Dia mengungkapkan Dinkes sudah mengirimkan logistik untuk warga di kampung tersebut, sehingga warga tak perlu khawatir akan kekurangan stok pangan.

"Kemarin sudah kita kirim logistik. Jadi selama lockdown lokal itu, pemerintah yang jamin kebutuhan pangannya," katanya.

Yusman menambahkan lockdown atau karantina lokal tersebut merupakan yang pertama di Cianjur. Menurutnya antisipasi penyebaran akan terus lakukan agar tidak ada lagi kampung atau RT yang dikarantina lokal karena tingginya kasus di sebuah wilayah.

"Ini yang pertama dan diharapkan tidak ada lagi. Kita antisipasi, terutama menghadapi momen lebaran Idul Fitri. Meskipun potensi lonjakan kasus ada, kami upayakan bisa diminimalisir,"pungkasnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3 4 5