Akuarium PIAMARI Tak Kunjung Beroperasi, Menteri KKP: Perlu Ada Koreksi

Faizal Amiruddin - detikNews
Senin, 03 Mei 2021 15:36 WIB
Menteri KKP meninjau Piamari di Pangandaran
Foto: Menteri KKP meninjau Piamari di Pangandaran (Faizal Amiruddin/detikcom).
Pangandaran -

Menteri Kelautan dan Perikanan RI Sakti Wahyu Trenggono melakukan kunjungan kerja di komplek Pelabuhan Cikidang, Desa Babakan, Kecamatan Pangandaran, Kabupaten Pangandaran, Senin (3/5/2021). Kedatangan Trenggono didampingi oleh sejumlah pejabat KKP dan anggota DPR-RI. Mereka disambut langsung oleh Bupati Pangandaran Jeje Wiradinata dan mantan Menteri KKP Susi Pujiastuti.

Trenggono meninjau seluruh fasilitas yang ada di komplek Pelabuhan Cikidang Pangandaran. Mulai dari pabrik pakan mandiri, Poltek Kelautan dan Perikanan Pangandaran, PIAMARI atau akuarium raksasa dan pusat penelitian serta meninjau aktivitas Pelabuhan Pendaratan Ikan Cikidang.

Salah satu yang menarik adalah peninjauan Pangandaran Integrated Aquarium and Marine Research Institute (PIAMARI). Pasalnya sejak beberapa tahun lalu selesai dibangun, akuarium raksasa itu tak kunjung beroperasi atau dibuka untuk umum.

"Ini akuarium bagus perlu dilanjutkan, tapi perlu ada koreksi," kata Trenggono.

Dia mengatakan koreksi yang harus dilakukan adalah menyangkut penataan lokasi dan desain. "Perlu ada koreksi terkait desain dan penataan lokasi. Dua hal ini belum memenuhi syarat," kata Trenggono.

Menurutnya tujuan dari akuarium ini adalah untuk edukasi mengenai biota laut. "Tujuannya adalah edukasi seputar biota kelautan. Ada sejarah biota laut ada profil jenis ikan. Kemudian tujuan yang kedua adalah untuk tempat rekreasi," ucapnya.

Dia menambahkan akan melakukan koordinasi dengan Kementerian Pariwisata untuk pengembangan PIAMARI tersebut. "Kalau lokasi sudah cocok, karena Pangandaran daerah wisata," kata Sakti.

Namun demikian saat ditanya kapan target PIAMARI akan beroperasi dan dibuka untuk umum, dia tidak dengan tegas menjawab. "Saya kan baru datang untuk melanjutkan ini supaya lebih baik," kata Sakti.

Mantan Menteri KKP Susi Pujiastuti yang menginisiasi pembangunan PIAMARI tersebut berharap pemerintah melanjutkan pembangunan tersebut.

"Dulu saya mimpi punya sentra kelautan dan perikanan di Pangandaran. Ada Poltek, pelabuhan, riset dan wisata. Saya sudah berhenti tapi ini belum selesai, jadi tugas menteri sekarang untuk menyelesaikan," kata Susi.

Ketika membangun komplek ini, Susi mengaku terinspirasi dari lokasi serupa di Sidney Australia. "Saya ingin seperti di Sidney, Pak Dirjen ini dulu saya bawa ke Sidney. Ini saya ingin seperti ini," kata Susi.

Bupati Pangandaran Jeje Wiradinata optimistis kunjungan Menteri KKP ini akan membawa dampak positif bagi penyelesaian pembangunan PIAMARI. "Mudah-mudahan dengan kunjungan Pak Menteri, PIAMARI bisa segera beroperasi," kata Jeje.

Dia menambahkan PIAMARI bisa mendukung kelengkapan objek wisata di Pangandaran. "Kami Pemda Pangandaran mendukung, salah satunya dengan membuka akses jalan. PIAMARI bisa menjadi tambahan destinasi wisata di Pangandaran," kata Jeje.*

Simak video 'Eduwisata Bahari Pangandaran Diinisiasi Susi, Minta Dilengkapi Menteri KKP':

[Gambas:Video 20detik]






(mso/mso)