Jelang Lebaran, Dishub Ciamis Sterilisasi Angkutan AKDP

Dadang Hermansyah - detikNews
Senin, 03 Mei 2021 12:16 WIB
Petugas melakukan penyemprotan disinfektan ke angkutan AKDP di Terminal Ciamis
Foto: Dadang Hermansyah
Ciamis -

Menjelang hari raya Idul Fitri atau Lebaran 2021, Dinas Perhubungan Kabupaten Ciamis bersama BPBD melakukan penyemprotan disinfektan terhadap sejumlah angkutan AKDP (antar kota dalam provinsi) atau mobil elf di Terminal Ciamis, Senin (3/5/2021).

Hal tersebut dilakukan dalam upaya mencegah penyebaran COVID-19. Menjelang Lebaran ini, diprediksi mobilitas warga mengalami peningkatan meskipun pemerintah pusat melarang mudik. Mobil elf ini banyak digunakan warga untuk mudik lokal dalam satu daerah.

Petugas dari BPBD Ciamis yang memakai baju APD lengkap menghentikan mobil elf satu per satu. Lalu menyemprot bagian luar dan dalam memakai disinfektan.

"Menjelang Lebaran ini kami melaksanakan kegiatan di Terminal Ciamis dengan menyemprot angkutan umum, angkutan AKDP juga membagikan masker kepada sopir dan penumpang," ujar Sekretaris Dinas Perhubungan Ciamis Achmad Yani.

Dalam kegiatan ini juga, Dishub Ciamis mengingatkan kepada awak angkutan untuk menerapkan protokol kesehatan secara ketat. Hanya boleh membawa penumpang 50 persen dari kapasitas muatan.

"Kami lihat memang ada beberapa sopir elf dan angkutan lainnya yang tidak pakai masker. Kami peringatkan lalu diberikan Masker agar selalu dipakai, terutama menjelang lebaran saat ini," ungkap Yani.

Dalam menghadapi Lebaran ini juga, Dinas Perhubungan Ciamis telah menyiapkan sedikitnya 7 posko pengendalian transportasi dan posko pemantau arus lalu lintas. Posko ini tersebar di daerah perbatasan dan strategis di wilayah Ciamis. Sedangkan untuk posko penyekatan mudik ada 3 titik, yang mana Dishub bergabung dengan kepolisian dan instansi lainnya.

"Untuk posko pengendalian transportasi ini Dishub Ciamis memantau dan mengatur arus lalu lintas berada di dalam wilayah Kabupaten Ciamis agar lancar selama masa lebaran. Bila perlu kami akan melakukan rekayasa lalu lintas di titik-titik yang rawan macet," kata Yani.

Dishub Ciamis pun akan melakukan pengecekan kendaraan (Ramp Check) bagi angkutan yang diperbolehkan beroperasi.

(mso/mso)