H-5 Jelang Pelarangan Mudik, Arus Lalu Lintas Setiabudhi dan Cileunyi Ramai Lancar

Siti Fatimah, M Iqbal - detikNews
Sabtu, 01 Mei 2021 17:46 WIB
Pintu Tol Cileunyi jelang pelarangan mudik
Foto: M Iqbal
Bandung -

Lima hari jelang pelarangan mudik, arus lalu lintas di Bandung cukup ramai. Kendaraan dengan plat nomor luar kota Bandung masih terlihat melintas.

Seperti pantauan pada Sabtu, (1/5/2021) pukul 15.10 WIB, kendaraan yang melintas di jalur Ledeng-Lembang ramai lancar. Sejumlah kendaraan roda empat yang melintas dengan plat nomor luar Kota Bandung seperti Tasikmalaya, Garut, hingga Jakarta.

Selain itu, terlihat juga antrean di kawasan Setiabudi dengan mayoritas kendaraan roda empat. Meski begitu, antrean terpantau tak berselang lama.

Kondisi serupa pun terjadi dari arah sebaliknya, kendaraan cukup ramai dari arah Lembang menuju Kota Bandung. Sementara itu, pihak kepolisian dari Satlantas Polrestabes Bandung dan Polsek Cidadap terlihat melakukan pengaturan lalu lintas.

"Kami dari jajaran satlantas polrestabes Bandung Polsek Cidadap pada siang hari ini jalur Setiabudi terutama sekitaran terminal Ledeng untuk Lalin ramai lancar. Dari arah atas maupun bawah dan kami laksanakan pengaturan untuk melancarkan Lalin," kata Kanit Lantas Polsek Cidadap Iptu Sustoro di lokasi.

Berdasarkan pengamatan petugas, kendaraan yang mengarah ke Lembang kebanyakan dari dalam kota. Pengaturan lalu lintas pun disiapkan jika sewaktu-waktu terjadi kemacetan.

"Pengaturannya ini tidak ada rekayasa karena jalur ramai lancar. Jadi bisa dikatakan normal. Mayoritas sekarang kebanyakan dari dalam kota. Plat D semua karena untuk arus Lalin pada siang hari ini enggak begitu padat dan macet," ujarnya menambahkan.

Pihaknya pun memprediksi keramaian akan terjadi pada sepekan sebelum lebaran. "Kalo prediksi mungkin (ramai), ini kan sekarang mau diadakan check point di terminal Ledeng. (Nanti) akan meriah karena kita akan nge-cek yang mudik ke Bandung tidak boleh," sambungnya.

Arus lalu lintas di Tol Cileunyi juga terpantau ramai lancar. Dibandingkan angka keluar di pekan lalu, kendaraan tidak mengalami kenaikan yang signifikan.

Seperti pantauan detikcom di pintu exit Tol Cileunyi sekira pukul 16.45 WIB, kendaraan yang keluar dari pintu Tol Cileunyi terpantau ramai lancar. Tidak terlihat simpul kepadatan baik di pintu keluar maupun masuk Tol Cileunyi.

Hal serupa diungkapkan oleh Kepala Supervisor Pengumpulan Tol Cileunyi Irwan Teja Sukmana. Ia mengatakan, dari pagi hingga sore ini belum terjadi peningkatan kendaraan.

"Hari ini terpantau normal. Mungkin efek imbauan kemarin ada larangan mudik," kata Irwan kepada detikcom, Cileunyi, Kabupaten Bandung, Sabtu (1/5/2021).

Dari data yang diterima detikcom, data terakhir hingga pukul 16.00 WIB ada sebanyak 25.084 kendaraan yang keluar dari Tol Cileunyi. Sementara kendaraan yang masuk melalui Tol Cileunyi sebanyak 13.597 kendaraan.

Angka tersebut tidak jauh berbeda dari data kendaraan yang masuk pada pekan lalu. Di mana per tanggal 24 Maret 2022, angka kendaraan yang keluar sebanyak 29.862. Kemudian, kendaraan yang masuk sebanyak 15.451 kendaraan.

"Sepertinya pada takut untuk mudik. Atau bisa jadi pulang lebih awal," katanya.

Irwan pun mengatakan, pengendara diperkirakan enggan keluar Tol Cileunyi karena takut dengan adanya penyekatan di exit Tol Cileunyi. Hal itu pun menyebabkan tidak adanya kepadatan sejak pagi hari hingga sore ini.

"Kayanya ada penyekatan pun bisa berefek pengendara enggan keluar tol," tuturnya.

(ern/ern)