Jelang Pemberlakuan Ganjil Genap Sore Ini, Lalin Kota Bogor Padat

M Solihin - detikNews
Sabtu, 01 Mei 2021 15:42 WIB
Ganjil genap di kota bogor kembali diberlakukan
Foto: M Sholihin
Kota Bogor -

Mulai hari ini, tepatnya pukul 15:30 WIB kebijakan ganjil genap diberlakukan di kawasan tengah Kota Bogor. Jelang pemberlakuan kebijakan ganjil genap, lalulintas di Kota Bogor terpantau padat.

Pantauan detikcom pukul 15:30 wib, kemacetan nampak di Jalan Raya Empang, Bogor Selatan Kota Bogor. Arus kendaraan menuju simpang BTM terpantau merayap. Kemacetan juga nampak di Jalan Otto Iskandar Dinata (Otista) dan kawasan Jalan Jalak Harupat atau kawasan Sempur.

Seperti diketahui, kebijakan ganjil genap akan diberlakukan mulai pukul 15:30 WIB-17:30 WIB di kawasan tengah Kota Bogor.

Kapolresta Bogor Kota Kombes Pol Susatyo Purnomo Condro mengatakan, kebijakan ganjil genap kali ini tidak diberlakukan di seluruh ruas jalanan Kota Bogor, melainkan hanya di jalur SSA (sistem satu arah) atau lingkar Kebun Raya Bogor dan Istana Bogor, yang meliputi Jalan Raya Otto Iskandar Dinata (Otista), Jalan Ir. Juanda hingga jalan Jalak Harupat (kawasan lapangan sempur).

"Ganjil genap hanya diberlakukan selama dua jam, mulai pukil 15:30 WIB-17:30 WIB," kata Susatyo.

"Pemberlakuan sistem ganjil genap di kawasan tengah Kota Bogor ini sebagai upaya Satgas COVID-19 Kota Bogor untuk mengurangi mobilitas dan kerumunan warga yang biasa terjadi menjelang buka puasa," imbuhnya.

Susatyo menyebut, pihaknya membuat 5 (lima) titik check point untuk melakukan penyekatan terhadap kendaraan-kendaraan yang akan memasuki kawasan tengah Kota Bogor atau lokasi yang menjadi titik pemberlakuan ganjil genap.

"Ada lima titik check point yang kita buat, itu untuk menyekat kendaraan yang masuk ke kawasan yang diberlakukan ganjil genap. Titik check point itu diantaranya, Simpang Empang, Tugu Kujang, Simpang Siloam, Simpang Denpom, dan Simpang Kapten Muslihat," kata Susatyo.

Kebijakan ganjil-genap di Kota Bogor kembali diberlakukan pada akhir pekan ini (Sabtu 1/5/2021-Minggu, 2/5/2021). Ganjil genap diberlakukan hanya dua jam saja, yakni mulai pukul 15:30 WIB-17:30 WIB di jalur Sistem Satu Arah (SSA) atau lingkar Kebun Raya Bogor.

Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto mengatakan, sistem ganjil genap diberlakukan sebagai upaya menekan mobilitas warga yang biasanya meningkat setiap menjelang buka puasa. Hal ini sekaligus upaya untuk menekan laju kasus positif COVID-19 di Kota Bogor yang belakangan meningkat.

"Kita melihat harus ada langkah cepat untuk mengjngatkan lagi warga Kota Bogor agar jangan terlena, ini belum selesai COVID-nya. Ini kita lihat tempat-tempat buka puasa sudah mulai penuh sama orang bukber (buka bersama)," kata Bima Arya di Tugu Kujang, Jum'at (30/4/2021) sore.

"Kita ingatkan lagi, apalagi di sekeliling pusat kota ini mulai penuh, mulai padat (setiap jelang buka puasa), oleh karena itu Satgas COVID-19 Kota Bogor memutuskan menerapkan kembali ganjil genap," imbuh Bima didampingi Kapolresta Bogor Kota Kombes Susatyo Purnomo Condro dan Dandim 0606 Kota Bogor Kolonel inf Robby Bulan.

Seperti aturan sebelummya, kebijakan ganjil-genap Kota Bogor tidak berlaku bagi pelayan publik, warga dengan keperluan darurat, anggota TNI-Polri yang bertugas, ojek online, angkutan umum, ambulan dan pemadam kebakaran.

"Ganjil genap ini mulai diberlakukan besok, besok itu tanggal ganjil maka kendaraan yang boleh melintas kendaraan dengan nopol ganjil," kata Bima.

(ern/ern)