Sungai Citarum-Cibeet Disebut Tercemar, Ini Kata DLHK Karawang

Yuda Febrian Silitonga - detikNews
Jumat, 30 Apr 2021 16:31 WIB
DLHK Karawang bantah sungai Citarum dan Cibeet tercemar
DLHK Karawang bantah sungai Citarum dan Cibeet tercemar (Foto: Yuda Febrian)
Karawang -

Sungai Citarum dan Cibeet, berwarna hitam serta berbau. Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Karawang menegaskan kondisi itu bukan karena ada pencemaran.

Kepala Dinas DLHK, Wawan Setiawan menjelaskan warna hitam dan berbau di sungai Citarum dan Cibeet dikarenakan sedimentasi lumpur yang terangkat kepermukaan akibat surutnya air sungai.

"Saya sudah koordinasi dengan Dansektor di wilayah Citarum Hilir, dan Cibeet, warna hitam, dan bau itu bukan karena pencemaran, melainkan karena sedimentasi lumpur yang tampak kepermukaan akibat surutnya debit air sungai," jelas Wawan saat dihubungi melalui telepon selular, Jum'at (30/4/2021).

Dijelaskannya kembali, surutnya air di DAS Citarum, karena sudah mulai memasuki kemarau, dan air bendungan diarahkan ke Tarum Timur, Kabupaten Subang dan daerah Karawang Utara.

"Jadi kenapa surut, karena sudah masuk musim kemarau, nah kalau di Citarum itu, karena air bendungan diarahkan ke Tarum Timur, Kabupaten Subang, dan untuk mengairi irigasi di Karawang Utara," jelasnya.

Adapun warna hitam di beberapa titik sungai Citarum disebabkan sedimen dasar sungai yang sudah menghitam akibat endapan lumpur.

"Kalau hitam itu karena sedimentasi dasar sungai yang sudah terjadi tahunan," katanya.

Terkait hasil pembuangan industri, ia meyakini sudah sesuai baku mutu industri.

"Kami yakini masih terkendali, sesuai baku mutu industri akibat ketat nya pengawasan dari semua Dansektor Citarum Harum," ujarnya.

Dari hasil uji labnya, pada Kamis kemarin, didapatkan pH 7,9 air sesuai baku mutu 6 sampai dengan 9, TSS 40 mg/liter sesuai baku mutunya max 30 mg/liter, dan COD 87 mg/liter, sesuai baku mutu max 100 mg/liter.

"Uji lab itu disampaikan oleh Dansektor 18, Kol Inf Moch Ridwan kepada kami, dan hasilnya sesuai baku mutu industri," tandasnya.