Ini Alasan Petinggi Sunda Empire Dapat Asimilasi Rumah

Dony Indra Ramadhan - detikNews
Rabu, 28 Apr 2021 12:38 WIB
Dua petinggi Sunda Empire dijebloskan ke Lapas Banceuy Bandung
Petinggi Sunda Empire dibebaskan (Foto: dok.Lapas Bancey)
Bandung -

Raden Rangga Sasana petinggi Sunda Empire telah keluar dari penjara. Meski berada di luar, status Rangga masih warga binaan lantaran belum bebas murni.

"Bahwa petinggi Sunda Empire atas nama Rangga dan Nasri Banks itu bukan bebas tapi asimilasi di rumah. Jadi masih ada ketentuan yang mengikat. Statusnya masih warga binaan kami," ujar Kalapas Banceuy Tri Saptono saat dihubungi, Rabu (28/4/2021).

Rangga dan Nasri Banks yang merupakan petinggi Sunda Empire diketahui telah mendapatkan program asimilasi COVID-19 sesuai aturan Kementerian Hukum dan HAM. Keduanya memenuhi syarat mendapat asimilasi lantaran sudah menjalani setengah dari hukuman 2 tahun yang diterimanya.

"Karena telah memenuhi syarat, maka itu bisa dikeluarkan untuk menjalani asimilasi rumah," tutur Tri.

Tri menambahkan selain telah menjalani setengah masa hukuman, Rangga juga selama menjalani hukuman berkelakuan baik. Serta adanya rekomendasi dari Bapas.

"Ada surat pernyataan dari keluarga dan juga yang bersangkutan untuk tidak mengulangi perbuatannya, melanggar tata tertib," kata Tri.

Sementara itu, selain Rangga dan Nasri Banks terpidana kasus yang sama yakni Ratna Ningrum juga mendapatkan asimilasi rumah. Ratna yang dihukum di Rutan Perempuan Bandung pun sudah bebas.

"Iya bebas asimilasi rumah. Bukan bebas murni," kata Kepala Rutan Perempuan Bandung Moneka Mayamurti saat dihubungi.

Sebelumnya, Raden Rangga bebas dari Lapas Banceuy usai menerima asimilasi rumah. Dia bersama Nasri Banks dan juga Ratna Ningrum divonis 2 tahun penjara oleh hakim Pengadilan Negeri Bandung.

Lihat juga Video: Celotehan Heboh Petinggi Sunda Empire Usai Divonis

[Gambas:Video 20detik]



(dir/mud)