Gempa M 5,6 di Sukabumi, Warga Lihat Lemari Bergoyang Kencang

Syahdan Alamsyah - detikNews
Selasa, 27 Apr 2021 16:49 WIB
Sukabumi -

Gempa bumi dirasakan merata oleh warga Sukabumi, Jawa Barat. Informasi yang bersumber dari aplikasi BMKG, gempa magnitudo (M) 5,6 ini berlangsung Selasa (27/4/2021), pukul 16.23 WIB.

Gempa tersebut lokasi koordinat 7.86 LS, 106.87 BT (103 km Tenggara Kabupaten Sukabumi) dengan kedalaman 14 Km. Endri Apriyanto, warga Cikakak, mengaku merasakan gempa selama beberapa detik. Goyangan gempa membuat lemari di kediamannya bergoyang.

"Tiba-tiba ada suara berderak dari arah lemari, saya buru-buru mengajak istri keluar rumah," kata dia kepada detikcom, Selasa (27/4/2021).

Dihubungi terpisah, Kepala Seksi Kedaruratan BPBD Kabupaten Sukabumi menyebut gempa terasa merata di sejumlah wilayah di Sukabumi. Saat ini dia sedang mengecek informasi ke Pusdalop BPBD.

"Saya posisi sedang di Kota Sukabumi, di lokasi ini juga dirasakan. Sampai saat ini belum ada laporan kerusakan, kita cek ke Pusdalop," kata Eka.

Menurut dia, kekuatan gempa M 5,6 itu diprediksi bisa merusak. "Kalau melihat kekuatan magnitudo segitu merusak, tapi nanti tunggu informasi dari Pusdalop," ujar Eka.

(sya/bbn)