Pimpin Bandung, Ini Program Prioritas Dadang-Sahrul di 99 Hari Kerja

Muhammad Iqbal - detikNews
Selasa, 27 Apr 2021 16:02 WIB
Dadang-Sahrul punya sejumlah program prioritas di 99 hari kerja
Dadang-Sahrul punya sejumlah program prioritas di 99 hari kerja (Foto: Muhammad Iqbal)
Bandung -

Setelah resmi menjabat Bupati dan Wakil Bupati Bandung, Dadang Supriatna dan Sahrul Gunawan mulai memetakan sejumlah prioritas kerja dalam kurun waktu 99 hari ke depan. Ada tiga program kerja yang diprioritaskan oleh Dadang dan Sahrul.

Bupati Bandung Dadang Supriatna mengatakan, dirinya telah menyampaikan program kerja selama 99 hari ke depan dalam Rapar Koordinasi Daerah. Ia mengatakan, program tersebut harus kuat secara hukum dan menyesuaikan dengan anggaran daerah.

"Program kerja 99 hari ini tentunya kan harus ada landasan hukum, yaitu terkait Perbup. Sehingga kita bisa berjalan, karena ini kaitan dengan anggaran," kata Dadang kepada wartawan di Gedung M. Toha, Kabupaten Bandung, Selasa (27/4/2021).

Dadang menyebutkan, ada tiga prioritas program kerja yang akan dikerjakan dalam kurun waktu 99 hari. Pertama, terkait permasalahan banjir yang menjadi momok bagi Kabupaten Bandung selama bertahun-tahun.

Yakni, dengan merevitalisasi sejumlah anak sungai di daerah rawan banjir seperti Dayeuhkolot, Bojongsoang, Rancaekek dan Cikancung. Kemudian, ia pun akan mencoba berkolaborasi dengan pihak terkait seperti BBWS, dan pemerintahan daerah di Bandung Raya.

"Pertama adalah revitalisasi anak anak sungai, yang mengakibatkan banjir di Bojongsoang, Dayeuhkolot, Rancaekek, Cicalengka dan Cikancung," kata Dadang.

"Kita fokus ke situ dulu, karena anggaran kita terbatas sehingga kita menyesuaikan dengan anggaran yang ada dulu. Berikutnya kita akan melakukan komunikasi kolaborasi dengan BBWS, PSDA, dengan walikota Bandung, Bupati Sumedang, Cimahi dan Bandung Barat, untuk membahas secara keseluruhan," lanjutnya.

Prioritas kedua adalah perbaikan jalan di Kabupaten Bandung. Dadang mengatakan, menjelang masuk Idul Fitri sejumlah jalan utama harus segera diperbaiki untuk mengurangi risiko kecelakaan di jalan raya.

"Kedua, kita fokus untuk bagaimana memperbaiki jalan jalan yang rusak yang ada anggarannya ada dj pemeliharaan. Apalagi kita menjelang idul Fitri, akan ada mobilitas atau silaturahmi dari tempat satu ke tempat lain. Ini yang kita prioritaskan agar tidak terjadi kecelakaan," katanya.

Dan, terkahir yakni program smart city yang harus segara diterapkan. Hal tersebut, kata Dadang, dapat mengakselerasi kinerja pemerintahan daerah. Program smart city merupakan salah satu janji politik Dadang dan Sahrul di masa kampanye.

"Ketiga, dalam hal bagaimana membuat sistem. Kita harus maraton, smart city harus kita fokuskan. Bagaimana bisa lebih kenceng, dan (kinerja) kita lebih enak lagi," paparnya.

(mud/mud)