Pemkab KBB Setop Sementara Revitalisasi Pasar Tagog Padalarang

Whisnu Pradana - detikNews
Jumat, 23 Apr 2021 15:56 WIB
Wakil Bupati Kabupaten Bandung Barat Hengky Kurniawan resmi mendapatkan suntikan vaksin Sinovac COVID-19 hari ini, Jumat (16/10/2020). Dia dinyatakan resmi setelah mendapatkan hasil swab test negatif yang dilaksanakan pada Selasa (13/10) lalu.
Hengky Kurniawan (Foto: Siti Fatimah)
Bandung Barat -

Pemerintah Kabupaten Bandung Barat menghentikan sementara proses revitalisasi Pasar Tagog Padalarang, yang saat ini sedang dilakukan oleh pengembang PT Bangun Bina Persada sejak tahun lalu.

Apa alasan penghentian tersebut? Ternyata pengembang yang melakukan proses revitalisasi hingga saat ini belum mengantongi izin pembuangan limbah B3 dan limbah cair dari pasar.

"Saya baru tahu ada beberapa izin yang belum ditempuh oleh pihak pengembang pasar ini. Yakni izin persetujuan soal pembuangan limbah B3 dan cair," ungkap Plt Bupati Bandung Barat Hengky Kurniawan, Jumat (23/4/2021).

Untuk itu dirinya meminta kepada pengembang untuk mengurus perizinan dan tidak dulu melakukan aktivitas pekerjaan fisik di lokasi pasar sebelum izin selesai dan diterbitkan.

"Izin harus diselesaikan dulu paling dua atau tiga minggu juga selesai. Jadi jangan dulu ada aktivitas, kalau besok masih ada yang kerja pasti akan ditindak tegas oleh Satpol PP," katanya.

Hengky menuntut agar semua investor yang masuk dan berinvestasi di Bandung Barat harus menempuh semua perizinan yang berlaku agar tidak ada permasalahan di tengah perjalanan nanti.

"Pemda baru bergerak sekarang karena memang baru tahu, karena selama ini menganggap semua perizinan sudah selesai," bebernya

Hengky menyebut pengembang tidak pernah muncul untuk mau diskusi usai dirinya menduduki jabatan sebagai Plt Bupati menggantikan Aa Umbara Sutisna yang terjerat perkara korupsi.

"Kita sangat mendukung dan senang investasi masuk karena itu pasti berdampak ke PAD. Investor pasti kami sambut begitupun revitalisasi Pasar Tagog ini kami dukung. Tapi jangan cuek, perizinan tetap harus ditempuh karena itu persyaratan utama," tandasnya.

Revitalisasi Pasar Tagog Padalarang padalarang sendiri sempat tertunda akibat beberapa kali gagal lelang hingga akhirnya terwujud pada tahun 2020 lalu.

Pembangunan Pasar yang memiliki luas 6.700 meter persegi ini ditargetkan selesai 1,5 tahun. Pasar tradisional semi modern ini akan dibangun dengan konsep tiga lantai dan bisa menampung lebih dari 1.404 pedagang.

(mud/mud)