Zona Kuning, Pemkab Bandung Izinkan Pentas Seni Budaya Digelar Terbatas

Muhammad Iqbal - detikNews
Jumat, 23 Apr 2021 15:04 WIB
Poster
Foto: Ilustrasi (Edi Wahyono/detikcom).
Kabupaten Bandung -

Kegiatan pagelaran seni budaya di Kabupaten Bandung kembali diperbolehkan untuk digelar. Hal tersebut dikarenakan turunnya status kewaspadaan penyebaran COVID-19 di Kabupaten Bandung ke zona kuning.

Hal tersebut diutarakan Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Bandung Yosep Nugraha. Yosep mengatakan kegiatan seni budaya diperbolehkan dengan beberapa ketentuan.

"Berdasarkan Inmendagri no. 9/2021, kegiatan sosial, seni budaya diperbolehkan dengan ketentuan 25 persen dari kapasitas tempat acara," kata Yosep melalui pesan singkat kepada detikcom, Jumat (23/4/2021).

Yosep mengatakan kegiatan seni budaya dapat berjalan asal mendapatkan rekomendasi dari Disparbud dan Gugus Tugas COVID-19 Kabupaten Bandung. Dengan begitu, kegiatan seni budaya dapat dilakukan.

"Disparbud telah mengeluarkan surat edaran sesuai dengan Inmendagri tersebut dengan syarat harus mendapat rekomendasi Disparbud dan persetujuan Gugus Tugas COVID-19," terang Yosep.

Dalam surat edaran yang diterima detikcom, selain kegiatan sosial dan seni budaya, sejumlah kegiatan masyarakat tetap dilakukan pembatasan. Namun, ada sejumlah kegiatan yang belum diijinkan oleh pemerintah Kabupaten Bandung.

Seperti, kegiatan sektor hiburan di antaranya klab malam atau bar, karaoke, diskotek, pusat kebugaran atau gym, panti pijat, refleksi, mandi uap, spa, dan billyard.

Sekadar diketahui, saat ini, Kabupaten Bandung masuk dalam zona kuning penularan COVID-19. Saat ini, kasus di Kabupaten Bandung menunjukkan data yang fluktuatif.

Per tanggal 23 April 2021, kasus positif sebanyak 935 orang, dengan penambahan kasus positif 50 orang. Pasien sembuh sebanyak 11.164 orang dan meninggal dunia sebanyak 229 orang.

Simak juga video 'Vaksinasi Indonesia Turun, Satgas COVID-19: Tidak Perlu Khawatir':

[Gambas:Video 20detik]



(mso/mso)