Curi Laptop di Kantor KCIC, Pria Bandung Terancam 5 Tahun Bui

Muhammad Iqbal - detikNews
Kamis, 22 Apr 2021 14:04 WIB
Pria Bandung curi 9 laptop di kantor KCIC
Pria Bandung curi 9 laptop di kantor KCIC (Foto: Muhammad Iqbal)
Bandung -

Seorang pria nekat mencuri sejumlah laptop di kantor proyek Kereta Cepat Indonesia Cina (KCIC) yang berada di Cileunyi, Kabupaten Bandung, pada Kamis (1/4) dini hari. Ia membawa kabur sebanyak sembilan laptop.

AS (29) terekam CCTV masuk ke dalam kantor KCIC dengan sangat mudah. Ia memanfaatkan peluang ketika petugas keamanan kantor sedang tertidur lelap.

"Pelaku sodara AS (29), kebetulan masuk ke PT dengan kondisi ia melihat security yang sedang tidur, dan mengambil beberapa barang antara lain ada 9 laptop yang kita amankan," kata Wakapolresta Bandung AKBP Dwi Indra Laksmana, Kamis (22/4/2021).

Tidak lama, ia langsung membawa karung berisikan laptop mengarah ke pintu belakang. Ia pun langsung menaiki tebing dan berhasil kabur.

Indra mengatakan, tersangka diduga telah melakukan pengamatan untuk melakukan aksinya. Namun, berkat rekaman CCTV polisi berhasil mengamankan AS tidak lama setelah aksi tersebut.

"Kita berhasil mengamankan pelaku berkat adanya rekaman CCTV perusahaan," kata Indra.

Bukan hanya sekali, rupanya AS merupakan residivis dari kasus yang sama. Ia baru saja keluar penjara pada 2018 lalu.

Di pihak tersangka, AS mengaku, belum sempat menjual laptop tersebut. Niatnya, uang hasil jual laptop tersebut untuk membiayai kedua anaknya.

"Gak sempet dijual. Uangnya untuk ngidupin keluarga. Saya kan pisah dengan istri saya. Dua anak sama saya," kata AS.

Akibat perbuatannya, ia disangkakan pasal 363 KUHPidana dengan ancaman hukuman 5 tahun penjara.

(mud/mud)