Kontroversial Panji Gumilang: Dikaitkan NII-Diduga Cabuli Eks Pegawai

Dony Indra Ramadhan - detikNews
Selasa, 20 Apr 2021 21:28 WIB
Panji Gumilang
Panji Gumilang (Foto: dok.detikcom)
Bandung -

Nama Panji Gumilang kembali mencuat dilaporkan mantan pegawainya atas dugaan pencabulan. Kasus ini menambah deretan catatan kontroversial Pimpinan Pondok Pesantren Yayasan Al Zaytun Indramayu tersebut.

Berikut kontroversial Panji Gumilang yang dirangkum detikcom:

1. Dikaitkan Sebagai Imam Negara Islam Indonesia

Pada tahun 2011 lalu, Panji Gumilang sempat membuat heboh dengan dikaitkan sebagai Imam Negara Islam Indonesia (NII) Komandemen Wilayah (KW) 9. Namun, Pimpinan Ponpes Al Zaytun ini juga tegas-tegas membantah dirinya sebagai Abu Toto yang disebut sebagai petinggi NII KW 9.

"Saya juga heran kenapa saya dikait-kaitkan dengan NII," kata Panji saat ditemui beberapa wartawan di Ponpes Al Zaytun, Indramayu, Jawa Barat, Jumat (29/4/2011).

Bukan hanya menolak dikait-kaitkan, Panji juga membantah memiliki hubungan dengan NII. Panji sama sekali mengaku tidak memiliki hubungan dengan NII.

Padahal, dalam penelitian Majelis Ulama Indonesia (MUI) pada 2002 salah satu kesimpulannya menyebut, kepemimpinan di Ma'had Al Zaytun terkait dengan kepemimpinan di organisasi NII KW 9, terutama pada figur AS Panji Gumilang dan sebagai pengurus yayasan.

2. Kasus Pemalsuan Dokumen Yayasan

Masih di tahun yang sama, Panji juga terjerat kasus pemalsuan dokumen Yayasan Al Zaytun. Kasus ini ditangani langsung oleh Bareskrim Mabes Polri.

Kasus ini pun bergulir hingga ke meja hijau. Di pengadilan, Panji divonis 10 bulan penjara oleh majelis hakim Pengadilan Negeri Indramayu pada Mei 2012.

Dalam pertimbangannya, pimpinan Ponpes Al Zaytun tersebut dinilai bersalah dalam kasus pemalsuan akta autentik sesuai Pasal 266 jo Pasal 55 ayat 1 ke 1 KUHP.

Vonis tersebut lebih rendah dari tuntutan jaksa penuntut umum yaitu dua tahun enam bulan. Panji sempat mengajukan banding dan kasasi, namun proses upayanya mencari keadilan ditolak.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3