Saksi Korban Penganiayaan Tak Bisa Hadir, Sidang Habib Bahar Ditunda

Dony Indra Ramadhan - detikNews
Selasa, 20 Apr 2021 12:03 WIB
Sidang penganiayaan sopir taksi online oleh Habib Bahar ditunda
Sidang penganiayaan sopir taksi online oleh Habib Bahar ditunda (Foto: Dony Indra Ramadhan)
Bandung -

Sidang lanjutan kasus penganiayaan yang dilakukan Habib Bahar bin Smith ditunda. Pasalnya, jaksa penuntut umum (JPU) tak bisa menghadirkan saksi sekaligus korban bernama Andriansyah.

Sidang terpaksa ditunda meski perangkat persidangan sudah siap baik dari pihak hakim, JPU, pengacara hingga terdakwa Habib Bahar di Lapas Gunung Sindur. Selain Bahar, perangkat persidangan lain pun sudah hadir di Pengadilan Negeri (PN) Bandung, Selasa (20/4/2021).

Dalam persidangan, JPU Kejaksaan Tinggi (Kejati) Jawa Barat Suharja menyampaikan alasan ketidakhadiran Andriansyah ke persidangan. Menurut Suharja, ketidakhadiran saksi korban itu lantaran tidak mendapat izin dari atasannya.

"Yang bersangkutan tidak mendapat izin dari perusahaan tempat dia bekerja," ujar Suharja.

Suharja menuturkan pihaknya sudah mengirimkan surat kepada Andriansyah. Akan tetapi, surat berbalas ketidaksediaan Andriansyah dengan alasan tak ada izin dari atasan tempat kerjanya.

Dalam kesempatan itu, JPU pun hendak membacakan berita acara pemeriksaan (BAP) Andriansyah. Akan tetapi, pembacaan BAP itu ditolak oleh kuasa hukum Bahar.

"Kami sependapat dengan rekan kami karena memang sebagai pelapor harus dihadirkan mengungkap kebenaran," kata salah satu pengacara Bahar.

Hakim Surachmat yang bermusyawarah sebelumnya dengan dua hakim anggota lain pun sepakat agar saksi dapat dihadirkan. Sehingga, sidang terpaksa ditunda hingga pekan depan.

"Dengan demikian, sidang ditunda sampai Selasa tanggal 27 April 2021 pagi," kata Surachmat.

Tonton juga Video: Ini Pemicu yang Bikin Habib Bahar Kembali Jadi Tersangka

[Gambas:Video 20detik]



(dir/mud)