Pengamat Kritik Hengky Kurniawan yang Diduga Copas Caption Anies Baswedan

Whisnu Pradana - detikNews
Senin, 19 Apr 2021 20:34 WIB
Hengky Kurniawan-Anies Baswedan
Postingan Hengky yang dianggap mirip dengan milik Anies (Foto: tangkapan layar Instagram)
Bandung Barat -

Unggahan Plt Bupati Bandung Barat Hengky Kurniawan di akun Instagram pribadinya menghebohkan jagad media sosial. Keterangan yang ditulis pada postingan Hengky dianggap sama tapi tak serupa dengan yang ditulis Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di akun Instagramnya.

Unggahan yang dinilai serupa tapi tak sama itu membahas soal Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Bandung Barat Tahun 2022 bersama dengan Bappelitbangda Kabupaten Bandung Barat (KBB). Sementara unggahan Anies Baswedan yakni soal Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Provinsi DKI Jakarta Tahun 2021.

Menanggapi apa yang dilakukan Hengky, Pengamat Politik dan Pemerintahan Unjani Arlan Siddha mengatakan hal tersebut tak seharusnya lolos filtrasi jika Hengky memiliki tim dan pembisik yang solid dan kapabel dari kalangan birokrat dan profesional.

"Harusnya tidak muncul kalau dia punya pembisik dan tim yang ahli dan cakap di lingkungan Pemda KBB. Ini sebetulnya jadi beban berat buat Hengky karena dia single fighter," ungkap Arlan saat dihubungi detikcom, Senin (19/4/2021).

Apalagi Humas dan Protokol Pemda KBB sendiri menegaskan jika Hengky memiliki tim media sendiri. Dan unggahan yang ada di akun Instagram Hengky pun hasil dari tim medianya.

"Mungkin kreativitasnya kurang. Seharusnya setelah jadi Plt dia membentuk tim yang solid. Jangan sampai membuat penilaian jelek dari masyarakat. Ini kan jadi pembahasan. Mungkin niatnya tidak plagiasi dengan mengganti sebagian tapi bagi masyarakat yang kritis akhirnya jadi justifikasi," terangnya.

Namun Arlan menyebut dirinya maklum lantaran Hengky masih meraba-raba peran barunya sebagai pucuk pimpinan di Bandung Barat. Apalagi selama menjabat Wakil Bupati Bandung Barat, Hengky sama sekali tak diberi panggung.

"Sebetulnya Hengky perlu media sosial ini karena dia tidak terlalu menonjol. Otomatis dia melakukan banyak hal. Poin bagusnya mungkin substansi yang ditulis Hengky dan kebetulan sama dengan Anies menang apa yang akan dia kerjakan setelah jadi Plt," jelasnya.

Kendati demikian Arlan menilai Hengky tetap perlu mengevaluasi kinerja tim medianya dan menjalin komunikasi lebih intens dengan birokrat di Pemda KBB termasuk dengan kalangan profesional.

"Hengky perlu mengevaluasi timnya, apalagi dia kan masih meraba-raba. Sekali lagi, ini tidak sepenuhnya salah, tapi kalau sama banget jadi kurang baik saja apa yang dia lakukan. Kesannya tidak ada hal positif yang bisa dia kerjakan dan tawarkan untuk KBB," pungkasnya

Lihat juga video 'Ini Usulan Anies yang Disetujui PBB soal Emisi Karbon':

[Gambas:Video 20detik]



(mud/mud)