Antisipasi Pemudik, Pemkab Sukabumi Diminta Sediakan Tempat Karantina

Syahdan Alamsyah - detikNews
Senin, 19 Apr 2021 19:08 WIB
Ketua DPRD Kabupaten Sukabumi prihatin pelajar tewas dibacok
Ketua DPRD Kabupaten Sukabumi Yudha Sukmagara (Foto: Syahdan Alamsyah)
Sukabumi -

Pemerintah Kabupaten Sukabumi diminta untuk menyiapkan tempat karantina massal untuk mengantisipasi kedatangan pemudik yang masuk ke wilayahnya.

Permintaan itu diungkap Ketua DPRD Kabupaten Sukabumi, Yudha Sukmagara. Tempat karantina itu untuk mengantisipasi lonjakan kasus COVID-19 di Kabupaten Sukabumi akibat terjadinya kunjungan dari luar daerah sehubungan dengan perayaan Hari Raya Idul Fitri.

"Tetap harus ada tempat khusus karantina, meskipun memang ada pelarangan mudik. Namun kita kan tidak tahu, pasti ada saja yang nekat mudik ke Sukabumi. Meskipun sekali lagi soal larangan (mudik) sudah diinformasikan oleh pemerintah pusat," kata Yudha kepada detikcom, Senin (19/4/2021).

Tempat karantina dijelaskan Yudha merupakan antisipasi terhadap pemudik nakal yang nekat tetap pulang ke Sukabumi meskipun sudah ada larangan dari pemerintah. Nantinya mereka yang kedapatan nekat mudik, bisa langsung ditransfer ke tempat karantina.

"Kami rasa tidak berlebihan, kalau dipersiapkan tempat karantina oleh pemerintah daerah. Tetap harus dipersiapkan tempat karantina apabila terjadi sesuatu yang tidak sama-sama kita inginkan misalkan lonjakan kasus COVID-19, minimal kita bisa antisipasi dengan tempat karantina itu," jelasnya.

Yudha juga berharap tidak ada alasan soal kekurangan anggaran, hal itu bisa diakali dengan anggaran yang selama ini bersumber dari penanganan COVID-19 atau dari refocusing yang selama ini digalakan selama masa pandemi.

"Pastinya kan ada anggaran untuk (penanganan) COVID, ada yang bersumber dari anggaran refocusing ya kenapa tidak dialokasikan juga ke arah karantina tadi. Sudah ada kan anggaran refocusing untuk penanganan itu. Utamanya kita ini upaya pencegahan akan banyak orang luar masuk Sukabumi, untuk menahan laju penyebaran COVID- 19," beber Yudha.

(sya/mud)