Sejarah Masjid Darussalam dan Kisah Pembantu Sunan Gunung Jati

Bima Bagaskara - detikNews
Senin, 19 Apr 2021 03:54 WIB
Masjid Jami Darussalam Majalengka
Masjid Jami Darussalam Majalengka. (Foto: Bima Bagaskara/detikcom)
Majalengka -

Masjid Jami Darussalam disebut-sebut sebagai masjid tertua di Kabupaten Majalengka, Jawa Barat. Masjid Jami Darussalam ini terletak di Desa Karangsambung, Kecamatan Kadipaten.

Sekilas memang masjid ini tidak tampak seperti masjid yang berusia ratusan tahun. Bangunan masjid bercat putih ini masih terlihat kokoh dan terawat. Konon, masjid ini berusia 600 tahun.

Pembangunan Masjid Jami Darussalam berawal pada Syekh Syarif Hidayatullah atau lebih dikenal dengan Sunan Gunung Jati diperintahkan Sultan Demak untuk menyebarluaskan agama Islam di pulau Jawa bagian barat pada abad ke-14.

"Selain menyebarkan agama Islam Sunan Gunung Jati juga diutus untuk mendamaikan masyarakat yang sedang berseteru karena perebutan batas wilayah, termasuk di Desa Karangsambung ini," kata Wahdiyat (69), sesepuh Desa Karasambung sekaligus pengurus Masjid Jami Darussalam, saat berbincang dengan detikcom, Minggu 18 April 2021.

Dalam melaksanakan tugasnya itu, Sunan Gunung Jati turut dibantu oleh beberapa orang pembantunya yang disebut Ki Gedeng. Menurut cerita Abah Wahdi, sapaannya, saat itu situasi masyarakat Desa Karangsambung tengah kacau balau karena perebutan batas wilayah.

Masjid Jami Darussalam MajalengkaMasjid Jami Darussalam Majalengka (Foto: Bima Bagaskara/detikcom)

Desa Karangsambung kala itu terbagi dalam lima wilayah yang diperebutkan oleh masyarakat. Namun berkat usaha yang dilakukan Sunan Gunung Jati bersama para pembantunya, perseteruan antarmasyarakat bisa diredam.

"Berkat usaha para pembantu Sunan Gunung Jati warga masyarakat yang berseteru bisa didamaikan. Maka kemudian lima wilayah itu disatukan menjadi Desa Karangsambung ini," ucap Abah Wahdi.

Setelah masyarakat bersatu, menurut Abah Wahdi, para pembantu Sunan Gunung Jati kemudian membangun tempat ibadah berupa masjid yang sampai saat ini masih kokoh berdiri dengan nama Masjid Jami Darussalam.

Selanjutnya
Halaman
1 2