Kakorlantas Polri: Pos Penyekatan Mudik Jalur Selatan Jabar Sudah Siap

Muhamad Iqbal - detikNews
Kamis, 15 Apr 2021 22:16 WIB
Kakorlantas mengecek kesiapan pos penyekatan di jalur selatan Jabar
Kakorlantas mengecek kesiapan pos penyekatan di jalur selatan Jabar (Foto: Muhammad Iqbal)
Bandung -

Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Irjen Istiono memastikan pos penyekatan bagi pemudik di jalur selatan Jawa Barat telah siap. Penyekatan akan dilakukan sesuai dengan larangan mudik yakni pada 6 Mei - 17 Mei 2021.

Sebelumnya, pemerintah telah menegaskan agar masyarakat tidak melangsungkan mudik. Adanya larangan tersebut diharapkan mampu mengurangi mobilitas masyarakat agar tidak terjadi percepatan penularan COVID-19.

Hal tersebut diungkapkan Kakorlantas Polri Irjen Istiono usai melakukan peninjauan ke jalur selatan Jawa Barat, di antaranya dari Kota Banjar, Tasik, hingga Kabupaten Bandung. Istiono menyebut, setiap pos untuk menyekat pemudik di jalur Selatan ini telah siap.

"Operasi jalur selatan (Jawa Barat) tadi sudah kita tinjau dari Banjar, perbatasan Jawa Tengah, sampai Ciamis, Tasik, Garut hingga Kabupaten Bandung ini," kata Istiono kepada wartawan ketika melakukan pantauan di exit Tol Cileunyi, Kamis (15/4/2021).

"Jajaran telah menyiagakan pos penyekatan secara optimal di sana, dan koordinasi dengan instansi terkait. Semua saran prasarana sudah disiapkan, artinya penyekatan di tanggal 6-17 Mei ini sudah siap," lanjutnya.

Kemudian, Istiono mengatakan, jalur selatan merupakan akses penting yang menjadi fokus petugas kepolisian dalam menyekat pemudik. Selain jalur selatan, petugas pun akan melakukan penyekatan di jalur tengah dan utara.

"Ini penting jalur selatan ini, kita cek karena salah satu jalur utama, karena tujuan yang paling banyak untuk orang mudik. Yang paling utama, jalur utara, tengah dan selatan," tuturnya.

Kakorlantas memastikan, petugas penyekatan akan berjaga selama 24 jam penuh. Petugas akan dibagi ke dalam tiga kali pergantian jam kerja. Hal tersebut sebagai antisipasi pemudik yang sengaja pergi pada malam hari.

"Ini kita siapkan pos all out 24 jam ya, kita bagi 8 jam tugas, jadi kita semua siap 24 jam penuh untuk menjaga pos penyekatan itu. Ada tiga sif yang kita lakukan," tegas Istiono.

Sebelumnya, Kakorlantas Polri menyebutkan ada 333 titik pos penyekatan disiapkan untuk menyekat para pemudik. Jumlah pos tersebut bertambah dibandingkan tahun sebelumnya.

"Saya pastikan untuk jalur utama dari Lampung sampai Bali dibangun 333 titik pos penyekatan. Dan, jalu-jalur tersebut sudah kita evaluasi dari pelaksanaan tahun lalu, sebelumnya dibangun 164 titik (pos penyekatan). Sekarang kita lipat gandakan," kata Istiono di pintu Tol Palimanan, Kabupaten Cirebon, kemarin (14/4).

Simak video 'Korlantas Polri Bolehkan Mudik Sebelum 6 Mei: Kita Perlancar':

[Gambas:Video 20detik]



(mud/mud)