Tergerus Arus Sungai, Jalan Penghubung Desa Karawang-Purwakarta Ambles

Yuda Febrian Silitonga - detikNews
Kamis, 15 Apr 2021 19:40 WIB
Jalan desa di Karawang ambles.
Jalan desa di Karawang ambles (Foto: Yuda Febrian Silitonga/detikcom).
Karawang -

Jalan penghubung Desa Barugbug, Kecamatan Jatisari, Kabupaten Karawang dengan Desa Cijunti, Purwakarta ambles. Jalan tersebut ambles karena tergerus oleh derasnya air Sungai Cilamaya.

Berdasarkan informasi yang didapat kejadian tersebut terjadi pada Senin (12/4/2021). "Jadi longsor akibat amblas tanahnya oleh derasnya air Sungai Cilamaya," ucap tokoh masyarakat Desa Barugbug Oki Triyanasaat saat diwawancarai, Kamis (15/4/2021).

Kejadian longsor diakuinya, sudah sering terjadi. "Longsor sudah sering terjadi sejak lama lebih dari 5 tahun lalu, dikarenakan sering tergerus dan akhirnya jalan yang sudah dirapat beton ambruk ke bawah," katanya.

Dia menyebut akses jalan yang terputus merupakan jalan alternatif desa antara Barugbug, dan Desa Cijunti. Jalan tersebut sering dilalui oleh masyarakat, dan karyawan.

"Ini akses alternatif desa, Barugbug ke Cijunti Purwakarta, suka dilalui oleh karyawan, dan masyarakat," katanya.

Sementara itu, upaya penanganan telah dilakukan. Pihak desa, kata dia, telah mengirim surat ke pihak Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) untuk perbaikan.

"Saya kemarin komunikasi dengan desa, katanya bakal ada perbaikan oleh BBWS, tahun ini katanya mau realisasi," ungkapnya.

Dia berharap longsor yang terjadi segera bisa diatasi. "Secepatnya diperbaiki bukan hanya dibronjong beton tapi tanggul permanen betonisasi," tandasnya.

(mso/mso)