Alun-Alun Kejaksan Cirebon Jadi Tempat Favorit Ngabuburit Warga

Sudirman Wamad - detikNews
Kamis, 15 Apr 2021 18:58 WIB
Alun-alun kejaksan jadi tempat favorit ngabuburt warga Cirebon
Alun-alun kejaksan jadi tempat favorit ngabuburt warga Cirebon (Foto: Sudirman Wamad)
Cirebon -

Alun-alun Kejaksan, Kota Cirebon, Jawa Barat, menjadi salah satu tempat favorit ngabuburit. Sebab, tahun ini Alun-alun Kejaksan menampilkan wajah baru.

Alun-alun kebanggaan masyarakat Kota Cirebon ini direvitalisasi. Desain anyar alun-alun ini menonjolkan kekhasan Cirebon. Gapura, susunan batu bata dan lainnya. Alun-alun Kejaksan juga dilengkapi arena bermain anak-anak.

Salah seorang pengunjung Tasya (30) mengaku penasaran dengan wajah Alun-alun Kejaksan yang direvitalisasi oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. Sekadar diketahui, pada 2018 lalu Ridwan Kamil sempat membuat desain Alun-alun Kejaksaan saat berkunjung ke Kota Cirebon. Proyek revitalisasi alun-alun ini juga bersumber dari APBD Provinsi Jabar.

"Ya cocok buat menunggu azan. Ya bisa buat foto-foto. Ya bagus," kata Tasya kepada detikcom di Alun-alun Kejaksan Kota Cirebon, Jawa Barat, Kamis (15/4/2021).

Lebih lanjut, Tasya mengatakan masyarakat Kota Cirebon membutuhkan ruang terbuka hijau (RTH). Terlebih lagi, lanjut dia, pembangunan revitalisasi Alun-alun Kejaksan memakan waktu panjang. Sehingga, masyarakat merindukan adanya ruang terbuka.

"Dari 2019 proses pembangunannya. Sekarang baru jadi. Ya wajar kalau masyarakat pada ke sini buat ngabuburit," kata Tasya.

Senada disampaikan pengunjung lainnya, Maman (32). Maman mengaku bersama keluarganya ingin melihat wajah baru Alun-alun Kejaksan. "Sudah lama tidak jalan-jalan ke alun-alun. Kan waktu itu masih dibangun," kata Maman.

"Sekarang mah belum ada orang jualan. Jadi hanya foto-foto sambil nunggu azan magrib," kata Maman menambahkan.

Sebelumnya, Wali Kota Cirebon Nashrudin Azis menilai perlu adanya tambahan bangunan untuk mempercantik wajah Alun-alun Kejaksan. Sehingga, kurang menarik perhatian masyarakat. "Saya bersyukur pengerjaan Alun-alun Kejaksan bisa selesai meski belum sempurna. Tapi masih banyak yang perlu dievaluasi agar lebih cantik lagi," kata Azis kepada awak media di Jalan Siliwangi Kota Cirebon, Sabtu (10/4/2021).

Lebih lanjut, politikus Partai Demokrat itu mengaku spot untuk berfoto di Alun-alun Kejaksan masih minim. Ia berharap dinas terkait bisa menyempurnakan spot foto bagi pengunjung alun-alun.

"Sebagai penikmat taman, di sini minim tempat untuk swafoto. Rumput tidak boleh diinjak. Makanya harus ada daya tarik lain. Semisal air mancur, atau lampu warna-warni dan lainnya," kata Azis.

(mud/mud)