Soal Kuota Haji 2021, Kemenag Jabar Tunggu Putusan Arab Saudi

Dony Indra Ramadhan - detikNews
Kamis, 15 Apr 2021 16:40 WIB
Ilustrasi haji
Foto: Ilustrasi oleh Zaki Alfarabi/detikcom
Bandung -

Kementerian Agama Kanwil Jawa Barat masih menunggu keputusan pemerintah pusat termasuk pemerintah Arab Saudi untuk kuota calon jemaah haji 2021. Sejauh ini belum ada angka pasti berapa yang akan berangkat dari Jawa Barat.

"Kuota yang berangkat, itu nunggu keputusan dari Arab Saudi. Belum ada keputusan," ujar Kasubbag Informasi dan Humas (Inmas) Kemenag Kanwil Jawa Barat Ohan Burhan kepada detikcom, Kamis (15/4/2021).

Ohan mengatakan pihaknya masih menunggu keputusan dari pemerintah Arab Saudi. Kemungkinan, kata Ohan, akhir bulan Ramadhan Pemerintah Arab Saudi membuka kuota calon jemaah haji.

"Kita lagi nunggu nih. Mudah-mudahan di akhir Ramadhan biasnya kan 10 hari terakhir Ramadhan Arab Saudi buka kuota, Mudah-mudahan ada keputusan," kata dia.

Ohan belum bisa berandai-andai berapa angka pasti yang berangkat dari Jabar. Sebab, kata dia, ada beberapa opsi yang disiapkan untuk jumlah keberangkatan calon jemaah haji.

"Belum (angka pasti), karena ada persentase nantinya. Ada opsi 50 persen kaya gitu. Intinya Kemenag Jabar masih menunggu keputusan Arab Saudi. Kita lagi nunggu sampai awal Mei," kata dia.

Sementara itu, apabila nantinya kuota sudah dibuka, Ohan menuturkan akan ada batasan usia yang bisa berangkat. Menurutnya, pihaknya nanti akan menyeleksi terlebih pada sisi usia.

"Harus diseleksi usia. Kalaupun jadi, usianya yang berangkat itu 15 sampai 50 tahun. Nanti seleksi usia dari tiap-tiap daerah," katanya.

(dir/mso)