Polda Jabar Minta Pemda Data Pemudik Sudah Pulang Kampung Duluan

Whisnu Pradana - detikNews
Rabu, 14 Apr 2021 08:16 WIB
Kabid Humas Polda Jabar Kombes Erdi A Chaniago
Kabid Humas Polda Jabar Kombes Erdi (Foto: Dony Indra Ramadhan)
Cimahi -

Polda Jawa Barat tak menampik jika banyak masyarakat yang mulai curi-curi start untuk melaksanakan mudik ke kampung halamannya kendati masih jauh dari hari Lebaran 2021.

Hal tersebut terjadi lantaran pemerintah pusat menerbitkan pelarangan untuk melaksanakan mudik Lebaran 2021 mengingat pandemi COVID-19 masih terjadi. Pelarangan mudik berlaku mulai tanggal 6 sampai 17 Mei.

"Seperti yang disampaikan Pak Kapolda, masyarakat diminta untuk tidak memaksakan mudik. Kita punya beberapa titik mengembalikan," ungkap Kabid Humas Polda Jabar Kombes Erdi Adrimulan Chaniago saat dikonfirmasi, Rabu (14/4/2021).

Kendati sudah dilarang namun 11 persen masyarakat diyakini tetap memaksakan untuk mudik lebaran 2021. Nantinya hal itu akan menjadi tugas pemerintah daerah untuk melakukan pendataan.

"Tugas dari pemerintah daerah mencari tahu pemudik mana yang sudah sampai di lokasi tujuan. Teknisnya sama seperti tahun lalu dilakukan pendataan pemudik," terangnya.

Erdi mengatakan para pemudik juga biasanya bakal memanfaatkan waktu untuk melakukan kunjungan ke sejumlah objek wisata. Hal itu juga bakal diantisipasi oleh pihak kepolisian dengan menempatkan sejumlah personel.

"Biasanya menang pemudik itu kan akan berwisata juga, nanti ada strategi dengan pihak Forkopimda bagaimana mencegahnya. Kalau kita tentu akan menempatkan anggota di objek wisata," bebernya.

Polda Jabar sendiri bakal mendidikan sebanyak 338 pos penyekatan di wilayah Jawa Barat pada libur Lebaran 2021 nanti sebagai langkah antisipasi masyarakat yang memaksa mudik ke kampung halaman.

Tonton Video: Lebaran Dilarang Mudik

[Gambas:Video 20detik]



(mud/mud)