Kedaluwarsa Juli 2021, 20 Ribu Lansia di Kota Serang Belum Divaksin

Bahtiar Rifa'i - detikNews
Selasa, 13 Apr 2021 12:33 WIB
Scientists are done research on vaccine in laboratory with test tubes on Covid19 Coronavirus type for discover vaccine.
(Foto: Getty Images/iStockphoto/chayakorn lotongkum)
Serang -

Pemkot Serang mengakui bahwa ada keterlambatan proses vaksinasi khusus untuk para lansia di Kota Serang. Dari 23 ribu sasaran lansia, vaksinasi baru diberikan pada 2.600an orang padahal vaksin memiliki masa waktu kedaluwarsa di Juli 2021.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Serang M Ikbal mengakui hal itu. Ada kendala pada proses vaksinasi lansia yang padahal dimulai sejak Maret lalu. Baru 11 persen dari 23 ribu sasaran yang mau diberi vaksin atau 2.600an orang lebih.

"Jadi relatif kecil, makanya kita minta surat edaran ke sekda, camat, lurah untuk menggerakan sasaran," kata Ikbal kepada wartawan di Serang, Selasa (13/4/2021).

Petugas dan vaksin sudah tersedia di fasilitas kesehatan milik pemkot. Sosialisasi ia klaim sudah dijalankan tapi kendala muncul dari pihak keluarga misalkan kerabat dan anak dari lansia. Ini yang jadi faktor mereka menolak datang ke fasilitas kesehatan.

Makanya, ia nilai perlu ada tekanan dari kelurahan setempat. Meskipun menurutnya masih ada waktu beberapa bulan hingga Juli.

"Kedaluwarsa (vaksin) bulan Juli masih lama. Makanya edaran untuk menggerakan datang ke puskesmas dan ke pos kesehatan yang sudah kita sepakati," pungkasnya.

Soal lambatnya vaksinasi lansia ini sudah disampaikan oleh Pemprov Banten. Kota Serang jadi daerah yang vaksinasi lansianya paling lambat dibandingkan dengan kota lain di Banten.

"Kota Serang sedikit, harusnya sudah diberikan ke 23 ribu sasaran," kata Kadinkes Banten Ati Pramudji Hastuti pekan lalu kepada wartawan.

Keterlambatan proses penyuntikan ini membuat persentase vaksin ke lansia baru 70 persen. Padahal target untuk jenis kelompok umur ini seluruh Banten mencapai 65 ribu orang.

Lihat Video: Vaksinasi COVID-19 Dibayang-bayangi Masa Kedaluwarsa

[Gambas:Video 20detik]



(bri/mud)