Ratusan Tukang Kredit Asal Majalengka Pulang Kampung Lebih Awal

Bima Bagaskara - detikNews
Senin, 12 Apr 2021 18:51 WIB
Ratusan tukang kredit mudik lebih dulu ke Majalengka
Ratusan tukang kredit mudik lebih dulu ke Majalengka (Foto: Bima Bagaskara)
Majalengka -

Adanya larangan mudik lebaran tahun ini membuat ratusan warga Kabupaten Majalengka yang bekerja di berbagai daerah seperti Karawang dan Bekasi memilih pulang kampung lebih dulu.

Hal itulah yang dilakukan ratusan pekerja kredit pakaian asal Desa Waringin, Kecamatan Palasah, Kabupaten Majalengka. Mereka kompak pulang kampung lebih awal untuk mengantisipasi larangan mudik mulai tanggal 6-17 Mei 2021.

Pantauan detikcom, ratusan pekerja kredit itu tiba di rumah majikannya di Desa Waringin menggunakan satu unit bus dan sepeda motor. Sebelum kembali ke rumahnya masing-masing, pekerja kredit itu terlebih dahulu menjalani pemeriksaan kesehatan.

Kapolsek Palasah Iptu Dalyanto mengatakan kepulangan ratusan pekerja kredit untuk hari ini tercatat ada sekitar 200 orang yang kembali dari wilayah Karawang dan Bekasi.

"Hari ini yang pulang ada 200 orang, kemarin juga sudah banyak yang pulang ada 350 orang," kata Dalyanto kepada detikcom di loakasi.

Menurutnya para pekerja kredit tersebut memilih pulang lebih awal untuk menghindari larangan mudik yang dikeluarkan oleh pemerintah.

Kata Dalyanto kepolisian bersama Satgas Penanganan COVID-19 Kecamatan Palasah telah bekerjasama untuk mengantisipasi terjadinya penularan virus Corona akibat kepulangan ratusan pekerja tersebut.

"Jadi untuk karyawan kredit yang dari Jabodetabek pulang ke Majalengka ini sudah kita fasilitas melalui desa dan para pengusaha agar pulangnya tidak bebarengan" ucap Dalyanto.

"Jadi kita cek kondisi kesehatannya untuk antisipasi penyebaran COVID-19. Jadi dicek suhu dulu, kalau tinggi kita tes antigen, kalau reaktif kita swab dan diharuskan isolasi mandiri," tandasnya.

Sementara itu Dian (28) salah seorang pekerja kredit mengatakan sengaja memilih pulang kampung lebih awal karena khawatir tidak bisa pulang saat larangan mudik tersebut mulai diberlakukan.

"Iya takutnya gabisa pulang, jadi sepakat semua pekerja dan kantor buat pulang lebih awal. Jadi kita semua selama satu bulan ini ada di rumah, itung-itung istirahat aja," singkatnya.

Ditempat yang sama Asep Andoko pemilih usaha kredit pakaian yang memperkerjakan ratusan orang itu mengaku sebelum pulang ke Majalengka ratusan anak buahnya itu sudah terlebih dulu menjalani pemeriksaan kesehatan.

"Alhamdulillah sebelum ke sini sudah dicek dulu kesehatan dan boleh pulang. Disini kita cek lagi kesehatan," jelas Asep.

Menurutnya ratusan pekerja itu sebelumnya bekerja dengan menawarkan kredit pakaian di daerah Bekasi dan Karawang. Kata Asep dirinya memang selalu memulangkan pekerjanya sebelum bulan Ramadhan.

"Kerja kreditan pakaian di Karawang sama Bekasi. Lebih awal sengaja memang dari dulu juga begitu sebelum puasa sudah pulang mereka. Mereka akan di rumah saja istirahat nanti berangkat lagi setelah lebaran," tutup Asep.

Simak video 'Tiba di Pelabuhan Nusantara Parepare, Ratusan Perantau Curi Start Mudik':

[Gambas:Video 20detik]



(mud/mud)