Jelang Ramadhan di Sukabumi dan Karawang, Knalpot Bising Dimusnahkan

Yuda Febrian Silitonga, Syahdan Alamsyah - detikNews
Senin, 12 Apr 2021 16:54 WIB
Miras di Karawang
Ribuan botol miras dimusnahkan di Sukabumi. (Foto: Yuda Febrian Silitonga/detikcom)
Sukabumi -

Kapolres Sukabumi Kota AKBP Sumarni dan Forkopimda Kota Sukabumi memusnahkan 995 knalpot bising hasil razia sejak Februari. Pemusnahan knalpot bising tersebut ini sebagai bentuk peringatan agar pemilik kendaraan tidak mengganggu kenyamanan warga masyarakat.

"Kami berharap seluruh warga patuh terhadap penggunaan knalpot sesuai standar, sehingga tidak menimbulkan ketidaknyamanan bagi warga masyarakat lainnya. Mari sama-sama menjaga keamanan, keselamatan ketertiban, dan kelancaran lalu lintas," kata Sumarni kepada awak media, Senin (12/4/2021).

Ratusan knalpot tersebut dimusnahkan dengan cara dipotong menjadi beberapa bagian menggunakan gerinda berukuran besar. Secara bergantian Wakil Wali Kota Sukabumi Andri Setiawan Hamami dan Dandim 0607/Kota Sukabumi Letkol Inf Danang Prasetyo Wibowo memotong knalpot berbagai jenis dan merk.

Pemusnahan Knalpot Bising di SukabumiPemusnahan knalpot bising di Sukabumi. (Foto: Syahdan Alamsyah/detikcom)

Kasat Lantas Polres Sukabumi Kota AKP Sujana menambahkan razia knalpot bising akan terus dilakukan mengingat banyak keluhan dari warga soal suara knalpot yang mengganggu keamanan dan kenyamanan. "Selama masih ada knalpot bising, razia akan terus dilakukan, bukan hanya oleh Satlantas tapi juga oleh seluruh jajaran kepolisian di wilayah hukum Polres Sukabumi Kota," tutur Sujana.

"Berawal dari banyaknya aduan warga, knalpot bising dianggap meresahkan dan mengganggu kenyamanan. Terlebih menjelang Ramadhan, warga berharap bisa menjalankan ibadah dengan tenang dan nyaman," kata Sujana.

Di Karawang, aparat memusnahkan minuman keras (miras) kemasan botol yang didapatkan dari hasil operasi penyakit masyarakat (pekat) selama 10 hari. "Jadi hari ini, kita musnahkan ribuan botol miras hasil operasi pekat Lodaya, yang dilakukan dimulai pada tanggal 4 April sampai dengan besok," kata Kapolres Karawang AKBP Rama Samtama Putra saat giat pemusnahan barang bukti hasil operasi, di Mapolres Karawang, Senin (12/4/2021).

Bukan hanya itu, ribuan petasan, dan ratusan knalpot bising turut dimusnahkan. Operasi ini diharapkan mampu mencegah timbulnya penyakit masyarakat selama Ramadan 2021.

"Ada miras, juga beberapa ribu petasan, dan ratusan knalpot motor bising ikut dimusnahkan. Saya berharap, penyakit masyarakat ini sudah tidak ada lagi, khususnya di bulan suci Ramadan," kata Rama.

Bupati Karawang Cellica Nurrachadiana mengatakan dalam pelaksanaan ibadah di bulan Ramadan ini pemerintah dan jajaran kepolisian menjamin keamanan dan kenyamanan masyarakat.

(bbn/bbn)