UTBK SBMPTN di ITB Diikuti 23.705 Peserta, Diwajibkan Pakai Masker Medis

Siti Fatimah, Wisma Putra - detikNews
Senin, 12 Apr 2021 16:05 WIB
Ribuan peserta UTBK Sbmptn di ITB diwajibkan menggunakan masker medis
Ribuan peserta UTBK SBMPTN di ITB diwajibkan menggunakan masker medis (Foto: Siti Fatimah)
Bandung -

Sebanyak 23.705 peserta Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) SBMPTN 2021 akan mengikuti tes di Pusat UTBK Institut Teknologi Bandung (ITB). Adapun pelaksanaan ujian akan dibagi dalam dua gelombang dan tiap gelombang pun dibatasi dua sesi, sesi pagi dan siang.

"Seluruh peserta diharapkan memeriksa dengan seksama syarat dan prosedur yang berlaku untuk kelancaran pelaksanaan UTBK ini," kata Direktur Pendidikan ITB, Dr. Techn. Arief Hariyanto di Bandung, Senin (12/4/2021).

Lebih lanjut, dari jumlah peserta 23 ribu lebih tersebut terbagi menjadi 11.685 peserta saintek, 11.291 orang peserta sosial-humaniora, dan 729 peserta campuran.

Lokasi pelaksanaan UTBK tidak hanya dilakukan di Kampus ITB Jalan Ganesha Bandung, tetapi juga di enam sekolah lain yang bekerja sama dengan ITB yaitu SMAN 1 Bandung, SMAN 2 Bandung, SMAN 3 Bandung, SMAN 4 Bandung, SMAN 5 Bandung, dan SMKN 2 Bandung.

"Dalam pelaksanaan ini, Pusat UTBK ITB mematuhi dan menjaga protokol kesehatan dalam pelaksanaannya. Peserta diwajibkan juga telah menyiapkan diri, bukan saja dalam mengikuti ujian, tetapi juga mematuhi protokol kesehatan," ujarnya.

Pihaknya pun melarang orang tua atau kerabat yang mengantarkan peserta, memasuki area lokasi UTBK. Selama pelaksanaan, peserta akan didampingi panitia dari ruang transit menuju ruang ujian.

Dia mengimbau agar peserta memperhatikan jadwal pelaksanaan dan sesi yang diikuti dalam UTBK.

Pada jadwal UTBK sesi pagi, peserta harus hadir di Pusat UTBK ITB paling lambat pukul 06.15 WIB, dan gerbang ditutup pada pukul 06.30 WIB. "Peserta masuk ruang ujian paling lambat pukul 06.45 WIB, dan diantar panitia dari ruang transit ke ruang ujian," tuturnya.

Sementara itu, pada jadwal UTBK sesi siang, peserta harus hadir di Pusat UTBK ITB paling lambat pukul 12.15 WIB, dan gerbang ditutup pukul 12.45 WIB. Peserta masuk ruang ujian paling lambat pukul 13.00 WIB.

Dia juga mengingatkan peserta untuk cermat membawa dan memeriksa perlengkapan ujian diantaranya Kartu Peserta UTBK 2021, Ijazah (lulusan 2019 dan 2020) atau Surat Keterangan Lulus/Surat Keterangan Kelas 12 berfoto (lulusan 2021), Kartu Identitas (SIM/KTP/Kartu Pelajar), dan pensil kayu (bukan pensil mekanik).

Perlengkapan lain yang harus dibawa terkait protokol kesehatan, yaitu masker medis, hand sanitizer, obat-obatan pribadi jika diperlukan. Dalam pedoman yang dikeluarkan, pihaknya mengharuskan para peserta menggunakan masker medis dan melarang masker kain. Disebutkan gunanya untuk mempermudah pengecekan standar protokol kesehatan.

Pada pelaksanaan UTBK hari pertama di gelombang pertama, jumlah peserta yang mengikuti ujian di Pusat UTBK ITB sebanyak 1.644 orang, terbagi dalam sesi pagi sebanyak 1.014 peserta dan sesi siang 630 peserta. Sedangkan di hari berikutnya rata-rata peserta berjumlah 1.600 sampai dengan 2.000 peserta yang terbagi di tujuh lokasi ujian.

(wip/mud)