Apindo Banten Siap Bayar Full THR

Bahtiar Rifa'i - detikNews
Senin, 12 Apr 2021 13:04 WIB
Ilustrasi THR
Ilustrasi THR (Ilustrator: Zaki Alfarabi)
Serang -

Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Banten mengklaim siap membayarkan Tunjangan Hari Raya (THR) secara penuh untuk karyawan berdasarkan keputusan Menteri Tenaga Kerja (Menaker) Ida Fauziah. Tapi, mereka meminta ada pengecualian agar THR dicicil khusus untuk perusahaan yang masih terdampak COVID-19.

"Mau tidak mau harus (dibayar THR) karena itu keputusan menteri. Tapi kita minta pertimbangan bagi yang terdampak (COVID-19)," kata Ketua Apindo Banten Edy Mursalim melalui sambungan telepon kepada detikcom di Serang, Senin (12/4/2021).

Kondisi pengusaha di Banten, Edy mengatakan memang ada yang terdampak COVID-19 dan yang tidak. Mereka yang terdampak diberi kesempatan negosiasi dengan karyawan agar dicicil setengahnya, tapi tentu dengan kepastian pembayaran.

"Bisa dicarikan jalan keluar, pertama mungkin setengah dulu, pasti ada kepastian," ucap Edy.

Namun, Apindo meminta pemerintah tegas pada perusahaan yang nakal di Banten. Menurutnya, dari ribuan perusahaan, yang masuk ke Apindo hanya 10 persennya saja. Sisanya ada perusahaan nakal, bahkan dengan upah minimum di bawah ketentuan ke karyawan atau buruhnya.

"Mereka yang memanfaatkan situasi dan sebagainya itu tugas pemerintah. Bohong Disnaker nggak tahu. Apa langkah konkrit untuk kepentingan anak bangsa," ucap Edy.

Selanjutnya
Halaman
1 2