Sambut Ramadhan, Masjid Agung Purwakarta Dibersihkan

Dian Firmansyah - detikNews
Minggu, 11 Apr 2021 17:57 WIB
Warga dan DKM bersihkan masjid Agung Purwakarta.
Warga dan DKM bersihkan masjid Agung Purwakarta jelang Ramadhan (Foto: Dian Firmansyah/detikcom).
Purwakarta -

DKM Masji Agung Baing Yusuf Purwakarta melakukan bersih-bersih hingga menyiapkan fasilitas protokol kesehatan jelang Ramadhan. Hal itu dilakukan untuk mengantisipasi penyebaran COVID-19 mengingat pelaksanaan salat tarawih sudah diizinkan digelar di masjid.

"Kami sedang bersih-bersih kemudian penyemprotan disinfektan dan memberikan fasilitas-fasilitas untuk kesehatan seperti hand sanitizer, kemudian memasang tanda jaga jarak di shaf Kemudian ada lagi untuk bersih dinding dan lain-lain," ujar Sekretaris DKM Masjid Agung Purwakarta Ustad Hasan Marzuki, disela-sela aktivitas, Minggu (11/04/2021).

Hasan mengatakan sesuai instruksi dari pemerintah dan MUI, gelaran tarawih di dalam mesjid diperbolehkan dengan catatan menerapkan protokol kesehatan secara ketat. Mulai dari menjaga jarak dalam shaf, membatasi jemaah sebanyak 50 persen dari kapasitas, menyediakan hand sanitizer hingga memeriksa suhu tubuh setiap jemaah yang akan memasuki area masjid.

Ketika ditanya gelaran pengajian, pesantren kilat dan kegiatan lainnya selama bulan puasa, Hasan mengatakan tetap mengadakan kegiatan tersebut. Namun tetap dengan penerapan protokol Kesehatan sesuai anjuran tim gugus tugas COVID-19 Kabupaten Purwakarta.

"Untuk acara pesantren kilat yang sifatnya besar kami tidak mengadakan, hanya sifatnya untuk pelaksanaan 50 persen, pelaksanaan biasanya anak-anak yang ada di ikatan remaja mesjid tidak dari luar," katanya.

Pantauan detikcom, mulai dari remaja hingga orang tua secara gotong royong melakukan bersih-bersih. Mulai dari mengepel lantai, membersihkan dinding, merapihkan jarak shaf, penyemprotan disinfektan, merapihak halaman masjid hingga melakukan cat ulang.

(mso/mso)