Jelang Ramadhan, Penumpang di Terminal Leuwipanjang Naik 25 Persen

Wisma Putra - detikNews
Minggu, 11 Apr 2021 14:59 WIB
Terminal Leuwipanjang, Kota Bandung, Jawa Barat kembali beroperasi hari ini. Wali Kota Bandung Oded M Danial yang langsung memimpin pembukaan terminal itu.
Terminal Leuwipanjang (Foto: Wisma Putra/detikcom).
Bandung -

Jumlah penumpang di Terminal Leuwipanjang, Kota Bandung mengalami peningkatan jelang Ramadhan. Peningkatannya tercatat mencapai sekitar 25 persen.

"Peningkatan menjelang Ramadhan sekitar 25 persen," kata Kepala Terminal Lewipanjang Asep Hidayat via pesan singkat, Minggu (11/4/2021).

Dia menyebut untuk mencegah penyebaran COVID-19 pihaknya tetap memberlakukan protokol kesehatan secara ketat. Salah satunya membatasi jumlah penumpang.

"Tapi tetap penumpang (dalam bus) dibatasi 50 persen mengingat protokol kesehatan," ucapnya.

Kondisi berbeda terjadi di Terminal Cicaehum. Hingga saat ini jumlah penumpang di Terminal Cicaheum terpantau tidak mengalami peningkatan berarti.

"Belum ada peningkatan," kata Kepala Terminal Cicaheum Roni Hermanto.

Sementara itu, salah satu penumpang Robiana Subhan (38) mengatakan, ia bersama istri dan anaknya datang ke Bandung untuk pulang ke rumah orang tuanya di daerah Cikutra.

"Mau pulang ke Cikutra ke rumah mamah dan bapak. Kebetulan saya dari Tasikmalaya, dagang di sana," ujar Robiana saat ditemui di Terminal Cicaheum.

Robiana mengaku datang ke Bandung untuk menyambut datangnya bulan suci Ramadahan. Dia ingin berkumpul bersama keluarga di moment pertama Ramadhan nanti.

"Biasa hari pertama dan nanti pas Lebaran suka pulang ke Bandung, buat menyambut puasa dan merayakan Lebaran bareng keluarga besar," ujar Robiana.

Hal serupa, dikatakan oleh penumpang lainnya Indri (27) yang merupakan warga Cimenyan Bandung. Indri yang bekerja di bank swasta di Yogyakarta mengatakan, datang ke Bandung untuk menyambut hari pertama puasa bersama keluarga.

"Kalau kerja di Yogyakarta, kebetulan dapet cuti, Insya Allah mau puasa hari pertama bareng keluarga dulu," ujar Indri.

"Alhamdulillah puasa sekarang bisa pulang ke Bandung, kalau tahun kemarin enggak bisa pulang. Meski nanti, dipastikan tidak bisa mudik ke Bandung pas Lebaran karena ada larangan dari pemerintah," ujar Indri.

(wip/mso)