Aa Umbara Ditahan KPK, Penyidik Sempat Geledah Dinas-Rumah di Lembang

Whisnu Pradana - detikNews
Jumat, 09 Apr 2021 19:33 WIB
Tersangka kasus dugaan korupsi pengadaan barang COVID-19, Bupati Bandung Barat Aa Umbara Sutisna dan anaknya, Andri Birawa mengenakan rompi tahanan dengan tangan terborgol di di Gedung KPK Jakarta, Jumat (9/4/2021. Keduanya ditahan KPK dalam perkara dugaan suap terkait pengadaan barang tanggap darurat bencana pandemi COVID-19. Aa Umbara diduga menerima suap Rp 1 miliar terkait kasus ini.
Aa Umbara (Foto: Ari Saputra)
Bandung Barat -

Bupati Bandung Barat Aa Umbara Sutisna akhirnya ditahan oleh KPK. Aa Umbara sendiri sudah ditetapkan menjadi tersangka kasus dugaan korupsi pengadaan barang tanggap darurat pandemi COVID-19 Kabupaten Bandung Barat (KBB) anggaran tahun 2020.

Aa Umbara tak sendirian. KPK juga melakukan penahanan terhadap anaknya yakni Andri Wibawa pada Jumat (9/4/2021). Andri juga menjadi tersangka untuk kasus serupa dengan ayahnya.

Sebelum menahan Aa Umbara dan anaknya, KPK sempat melanjutkan penggeledahan ke dua dinas di lingkungan Kantor Pemerintahan Kabupaten Bandung Barat (KBB) yakni Bapelitbangda dan DPMPTS, Selasa (6/4/2021). Sehari berselang, KPK kembali menggeledah kediaman sejumlah orang yang terlibat dengan perkara tersebut

"Rabu (7/4) tim penyidik KPK telah melakukan penggeledahan di lima lokasi yang berada di wilayah Lembang, Kabupaten Bandung Barat," ujar Plt Juru Bicara Ali Fikri melalui keterangan tertulisnya.

Ali menyebutkan tim penyidik KPK menyisir lima rumah yang ditinggali oleh orang-orang yang mempunyai keterkaitan dengan kasus dugaan korupsi yang menyeret nama Bupati Bandung Barat Aa Umbara Sutisna. Namun, Ali tidak menyebutkan secara spesifik rumah siapa saja yang digeledah.

"Rumah kediaman dari pihak-pihak yang ada hubungan keluarga dengan tersangka AUS dan diduga mengetahui rangkaian perbuatan para tersangka dalam perkara ini," kata Ali.

Dari lima rumah yang digeledah, tim penyidik menyita sejumlah dokumen dan elektronik yang diduga mengarah pada barang bukti tindak pidana korupsi.

"Pada lima lokasi tersebut, ditemukan dan diamankan berbagai bukti diantaranya dokumen yang diduga terkait dengan perkara. Selanjutnya bukti-bukti ini akan divalidasi dan dianalisa untuk segera diajukan penyitaannya guna menjadi barang bukti dalam berkas penyidikan perkara dimaksud," tegasnya.

Sementara itu, berdasarkan pantauan, kediaman politisi Partai NasDem itu kini tak seramai biasanya. Tak banyak aktivitas yang terpantau dari luar kediaman Aa Umbara di Jalan Murhadi, Desa Lembang, Kecamatan Lembang, KBB.

Hanya ada beberapa personel Satpol PP yang berjaga di area rumah dengan dominasi warga biru dan kuning itu. Sempat terlihat seorang personel Satpol PP keluar rumah untuk mempersilakan seorang tamu menggunakan motor masuk ke dalam rumah.

Rumah orang nomor satu di Bandung Barat itu berada di tengah permukiman padat penduduk. Memiliki empat lantai rumah itu bak istana yang dihuni keluarga besar Aa Umbara sejak 2018 silam.

(mud/mud)