Kabar Baik! Pembelajaran Tatap Muka di Kota Bandung Digelar Juli

Wisma Putra - detikNews
Jumat, 09 Apr 2021 18:36 WIB
Upacara Peringatan 75 Tahun Peristiwa Bandung Lautan Api di Halaman Balai Kota Bandung, Rabu (24/3). Wali Kota Bandung Oded M Danial ajak warga lawan Corona.
Wali Kota Oded M Danial (Foto: Wisma Putra)
Bandung -

Kota Bandung siap melaksanakan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) Bulan Juli 2020 mendatang. Hal tersebut dikatakan oleh Wali Kota Bandung Oded M Danial.

"PTM dapat dilaksanakan secara terbatas, hasil rapat koordinasi dan kesepakatan dengan stakeholder secara virtual," kata Oded usai memimpin rapat terbatas (ratas) di Balai Kota Bandung, Jumat (9/4/2021).

Oded mengungkapkan, Pemkot Bandung melalui Dinas Pendidikan sedang mempersiapkan sarana dan prasarananya.

"Pemenuhan daftar periksa atau sarana dan prasarana untuk menerapkan prokes di lingkungan sekolah. Sistem pembelajaran PTM terbatas ini akan dikombinasikan dengan pembelajaran jarak jauh, maksimal 3 jam dengan 2 mata pelajaran," ungkapnya.

Selain itu, pihak sekolah jug haru benar-benar mempersiapkan protokol kesehatan di dalam kelas. Selain itu, tidak ada kegiatan ekstrakuler dan olahraga.

"Kapasitas kelas kurang lebih 30-50 persen, dengan jarak 1,5 meter. Tidak ada kegiatan ekstrakuler dan olahraga," ujarnya.

Selain itu, Oded menyebut, sebelum mengikuti PTM orang tua harus mengizinkan anaknya terlebih dahulu, karena ada dua pilihan PTM dan pembelajaran jarak jauh.

Kesediaan orang tua murid. Orang tua bisa memilih untuk PTM atau pembelajaran jarak jauh dengan tidak ada paksaan. Jadi, kita akan berikan kewenangan kepada orang tua apakah mau PTM atau jarak jauh," tambahnya.

Oded juga mengatakan, keamanan anak menjadi tanggungjawab bersama dan nantinya ada satgas kesehatan di tingkat satuan pendidikan.

"5 M dan lakukan etika bersin, batuk dan bawa peralatan sekolah dan ibadah sendiri. Kondisi medis, sebelum masuk area pengecekan suhu tubuh, bila ada gejala anggota keluarga tidak diperkenankan masuk lingkungan sekolah dan sebelum pulang dipastikan tidak ada keluhan," jelasnya.

"Kantin sekolah tidak diperbolehkan beroperasi, kegiatan selain PTM tidak diperkenankan," tambahnya.

Proses PTM akan digelar Bulan April mendatang dan pihaknya akan benar-benar melakukan persiapan.

"Persiapan PTM akan dilakukan Bulan April hingga Juli 2021. Monitoring, simulasi dan percobaan PTM," pungkasnya.

(wip/mud)