Duh! PJU dan Lampu Pedestrian Sekitar Balkot Bandung Rusak-Tak Menyala

Wisma Putra - detikNews
Jumat, 09 Apr 2021 09:55 WIB
Tiang lampu taman yang terpasang di pedestrian sekitar Balai Kota Bandung rusak.
tiang lampu taman yang terpasang di pedestrian dekat Balai Kota Bandung patah (Foto: Wisma Putra/detikcom).
Bandung - Lampu penerangan jalan umum (PJU) yang berada di sekitar Balai Kota (Balkot) Bandung banyak yang tidak menyala. Selain itu lampu yang terpasang di pedestrian sekitar kantor tersebut juga banyak yang rusak.

Pantauan detikcom, Jumat (9/4/2021), ada beberapa tiang lampu taman khususnya di Jalan Merdeka dan Jalan Wastukencana terlihat rusak. Bahkan nampak beberapa bagian tiang yang sudah patah.

Sementara untuk PJU di dua jalan tersebut juga sebagian besar tidak menyala . Kondisi itu membuat Jalan Wastukencana gelap saat malam hari.

Pemandangan serupa juga terlihat di Jalan Merdeka. Meski banyak yang padam, ada enam PJU yang menyala di depan Balai Kota Bandung dan tiga PJU di depan Mapolrestabes Bandung.

Kondisi itu dikeluhkan oleh pejalan kaki dan pengendara yang melintas di jalan tersebut. "Jalannya gelap (kalau malam), rawan terjadi tindak kejahatan," ujar salah satu pejalan kaki Edwin.

Tak hanya Edwin, keluhan serupa juga dikatakan oleh pengendara sepeda motor, Rosma (28). Dia mengaku sedikit khawatir jika harus melintas Jalan Wastukencana terutama saat malam hari.

Jalan Wastukencana dekat Balai Kota Bandung gelap tanpa ada penerangan jalan.Jalan Wastukencana dekat Balai Kota Bandung gelap tanpa ada penerangan jalan. Foto: Wisma Putra

"Suka was-was lewat jalan ini, saya biasa ikuti kendaraan yang di depan supaya ikut terang jalannya," ujar Rosma.

Dia berharap pihak terkait segera memperbaiki PJU dan lampu taman yang rusak itu. Karena khawatir bisa memicu tindak kejahatan.

"Semoga segera diperbaiki, supaya lampu jalannya kembali terang," harapnya.

Sebelumnya, Sekda Kota Bandung Ema Sumarna mengatakan soal perbaikan PJU tetap jadi prioritas Pemkot Bandung.

"PJU tetap prioritas, bahkan saya sudah respons kejadian yang kemarin (di Arcamanik)," ujar Ema.

"Kita masih terikat proses pengadaan barang dan jasa, di atas Rp 200 juta enggak bisa diawal April karena harus dilelang," ujar Ema.

Bahkan menurutnya, Pemkot Bandung akan memasang PJU di Taman Maluku dan Taman Lansia. Ema menyebut, pemandangan di taman tersebut nantinya akan lebih terang.

Selain itu, anggaran Dinas Pekerjaan Umum (DPU) terkena refocusing untuk penanganan COVID-19. Meski demikian ia tak merinci untuk apa saja dana yang saat ini digunakan.

"(Secara global) Dari Rp 460 miliar, hilang Rp 220 miliar di DPU. Ke depan, PJU akan dianggarkan di Dinas Perhubungan Tahun 2022," pungkasnya.

Tonton juga Video: Lampu Lalin di Perempatan PIM Mati, Petugas Cek Kelistrikan

[Gambas:Video 20detik]



(wip/mso)